Bagikan:

YOGYAKARTA - Seller atau penjual perlu membuat nota sebagai bukti transaksi dari pelanggan. Aktivitas pembuatan nota ini seringkali memakan banyak waktu dan membuat capek seller. Apalagi jika tokonya selalu ramai didatangi customer. Namun tenang saja, saat ini sudah ada rekomendasi aplikasi nota online. 

Meski terlihat sederhana hanya berupa kertas faktur atau invoice, pembuatan nota bisa merepotkan ketika mendapat banyak transaksi. Dalam pembuatan nota konvensional, Anda harus memilih data produk di komputer, scan barcode, atau input nominal harga. Beruntungnya sekarang sudah ada aplikasi nota yang bisa memudahkan pembuatan nota.

Dengan memakai aplikasi nota, Anda bisa membuat nota dengan lebih cepat dan praktis. Selain itu, Anda juga bisa memilih template faktur atau invoice dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Lantas apa saja rekomendasi aplikasi nota online yang bisa digunakan para seller atau toko?

Rekomendasi Aplikasi Nota Online

Aplikasi nota online adalah software untuk mencatat pembayaran, penjualan, pembelian, dan invoice. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuat nota, baik untuk dicetak maupun dalam format digital. 

Ada banyak kelebihan ketika seller menggunakan aplikasi nota online untuk pembuatan faktur atau invoice. Anda bisa memilih template nota sesuai keinginan, mencetak sendiri, mengirimkan secara online ke pelanggan, hingga menambahkan tanda tangan digital. Berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi nota online yang bisa Anda pilih:

Zoho Invoice

Salah satu aplikasi nota online yang cukup populer dan digunakan banyak orang adalah Zoho Invoice. Aplikasi ini telah dipakai oleh para pemilik bisnis maupun pekerja freelance untuk membuat invoice setiap transaksi bisnis. Zoho Invoice bisa Anda akses secara gratis di situs web atau mengunduhkan di Play Store dan App Store. 

Zoho Invoice menyediakan beragam fitur yang dapat memudahkan Anda dalam pembuatan nota. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini, di antaranya pembuatan diskon, proses pembayaran sederhana, pencatatan utang-piutang, serta laporan kinerja bisnis. Anda bisa mengirimkan faktur belanja kepada pelanggan secara mudah dengan aplikasi ini. 

Paper.id

Aplikasi nota online lainnya yang menjadi andalan para seller atau pemilik bisnis adalah Paper.id. Aplikasi ini hadir sebagai platform invoicing & pembayaran digital antar bisnis yang cocok untuk semua jenis usaha, mulai dari toko kecil, UMKM, hingga perusahaan besar. Paper.id dapat diakses melalui website maupun diinstal di ponsel Android dan iOS.

Aplikasi Paper.id memiliki beragam fitur menarik yang akan memudahkan pebisnis dalam pembuatan invoice. Dengan aplikasi ini, invoice yang sudah dibuat dapat langsung ditagih secara online. Selain itu, seller juga bisa menyematkan tanda tangan dengan e-materai pada dokumen invoice secara online. 

E-Nota

E-Nota juga menjadi aplikasi nota online yang sering digunakan oleh pebisnis untuk memudahkan kegiatan penjualan. Aplikasi ini menyediakan fitur yang juga cukup lengkap, seperti pembuatan daftar nota dan omzet, daftar barang dan harga, serta daftar nota piutang. 

Aplikasi E-Nota juga memungkinkan pengguna bisa melihat produk produk-produknya yang paling banyak terjual, menghitung potongan harga, dan keperluan-keperluan jual-beli lainnya. Aplikasi nota online ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store, sehingga dapat digunakan secara mudah melalui smartphone. 

InvoiceBerry

Aplikasi nota online selanjutnya yang bisa dimanfaatkan oleh para seller atau pebisnis adalah InvoiceBerry. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya memantau semua aktivitas bisnis dalam satu aplikasi. InvoiceBerry dapat digunakan untuk mencatat semua kegiatan usaha, seperti pembuatan faktur hingga melihat identitas konsumen. 

InvoiceBerry menyediakan berbagai fitur seperti pembuatan, pengeditan, dan pengiriman struk atau faktur kepada customer. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan lampiran pelaporan daftar konsumen pada periode tertentu dan laporan pengeluaran usaha. 

Invoice Simple

Seller atau pemilik bisnis juga bisa menggunakan aplikasi Invoice Simple untuk membuat nota secara mudah dan cepat. Aplikasi nota online ini memungkinkan penggunanya mencatat dan mengelola semua aktivitas bisnis melalui smartphone. Pengguna dapat memakai aplikasi ini untuk mengirim faktur dan tagihan ke konsumens secara langsung.

Invoice Simple menyediakan beragam fitur yang mendukung keperluan pengelolaan transaksi. Pengguna bisa memanfaatkan fitur pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, dan cek. Selain itu, pengguna juga bisa mengkustomisasi format buku nota sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. 

Demikianlah rekomendasi aplikasi nota online yang bisa digunakan oleh para seller atau pemilik bisnis. Dengan memakai aplikasi-aplikasi di atas maka pembuatan nota menjadi semakin mudah, sehingga aktivitas bisnis pun lebih lancar dan efisien. Baca juga optimalkan bisnis dengan aplikasi kasir

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.