6+ Rekomendasi Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Bisnis
Aspek pencatatan sangat penting dalam pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam sebuah bisnis, manajemen keuangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Tanpa adanya pengelolaan keuangan bisnis yang baik, operasional perusahaan akan terganggu dan lambat laun akan mengalami kendala.

Faktor keuangan juga sering kali menjadi penyebab kebangkrutan sebuah bisnis, terutama mereka yang masih dalam tahap merintis. Banyak pebisnis pemula yang kurang memahami bagaimana mengatur keuangan dengan baik, berapa banyak untuk membesarkan bisnis dan berapa banyak yang diambil / prive.

Aspek pencatatan sangat penting dalam pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. Dengan adanya pencatatan ini, pemilik usaha atau tingkat manajemen bisa melakukan analisa terhadap kondisi keuangan perusahaan. Dengan begitu, pengambilan keputusan bisa didasari atas hitungan yang riil dan akurat.

Pada jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak aplikasi-aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis. Mulai dari yang berbayar, hingga yang gratis. Karena itu, sebenarnya tidak ada alasan bagi seorang pebisnis untuk tidak melakukan pencatatan keuangan hanya karena tidak memiliki aplikasi keuangan yang memadai.

 Aplikasi Keuangan Untuk Bisnis

Aplikasi keuangan merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan yang bisa digunakan untuk personal, instansi, perusahaan, ataupun bisnis. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi keuangan yang bisa dimanfaatkan. Karena keterbatasan tempat, berikut 6 aplikasi keuangan yang bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan bisnis:

1. Jurnal by Mekari

Rekomendasi aplikasi keuangan terbaik yang pertama adalah Jurnal by Mekari. Ya, aplikasi akuntansi adalah salah satu dari sejumlah aplikasi yang ditawarkan Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan/bisnis di segala sektor.

Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua aplikasi yang ditawarkannya, termasuk aplikasi di bidang akuntansi. Aplikasi ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan aplikasi karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.

Jurnal by Mekari menyediakan fitur uji coba gratis selama 14 hari sebelum Anda memutuskan ingin berlangganan atau tidak. Sejak pertama kali didirikan, aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 tipe bisnis di Indonesia, baik skala kecil, menengah, hingga raksasa. Kabar baiknya, jika ingin berlangganan, Anda hanya perlu menyiapkan budget per bulannya sebesar Rp 199.000.

Sesungguhnya, apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatatan keuangan satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya. Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin di mana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi keuangan serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

2. Acumatica Cloud ERP

Acumatica Cloud ERP merupakan aplikasi keuangan dan akuntansi bisnis yang cukup lengkap untuk digunakan pada bisnis. Aplikasi Acumatica Cloud ERP dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan keuangan serta akuntansi bisnis sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai aplikasi pencatatan keuangan bagi sebuah perusahaan atau bisnis.

Acumatica Cloud ERP juga didukung berbagai tools pengelolaan akuntansi distribusi, manufaktur, Customer Relationship Management, serta Warehouse Management System yang membuat aplikasi ini cukup multitasking. Digunakanya sistem penyimpanan berbasis cloud dan mobile technology juga membuat aplikasi ini cukup fleksibel untuk dikerjakan dari manapun.

3. Zahir Accounting

Zahir Accounting juga merupakan salah satu aplikasi keuangan dan akuntansi bisnis. Aplikasi ini telah didesain agar bisa digunakan sebagai aplikasi akuntansi keuangan untuk berbagai jenis bisnis seperti dagang, jasa, maupun manufaktur.

Tampilan yang fleksibel dengan fitur-fitur yang lengkap membuat pengelolaan keuangan bisnis dan pembuatan jurnal-jurnal akuntansi seperti laporan keuangan menjadi mudah.

4. Accurate Accounting

Accurate Accounting adalah aplikasi keuangan yang dibuat oleh developer Indonesia untuk tujuan pengelolaan bisnis di Indonesia. Karena itu, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan, industri, maupun usaha perseorangan.

Karena dikhususkan untuk digunakan oleh bisnis-bisnis di Indonesia, pengaturan di dalamnya disesuaikan dengan standar akuntansi dan perpajakan yang umum di Indonesia. Hal ini membuat SDM bagian keuangan tidak perlu melakukan penyesuaian lebih lanjut dengan standar akuntansi dan perpajakan yang sesuai peraturan di Indonesia.

5. Bee Accounting

Bee Accounting dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan keuangan dan akuntansi yang cukup memadai. Aplikasi ini juga bisa digunakan di desktop maupun mobile. Desain pengelolaan keuangan di sini juga dibuat sesederhana mungkin. Karena itu, selain bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan bisnis, Bee Accounting juga bisa digunakan untuk pengelolaan perseorangan.

6. Microsoft Excel dan Google Sheet

Ini merupakan aplikasi yang sangat familiar bagi pengguna desktop, khususnya yang menggunakan sistem operasi windows. Pada dasarnya, Microsoft excel merupakan aplikasi data entry yang sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk pengelolaan data apapun.

Karena didukung dengan fitur pengelolaan formula, macros, dan berbagai pengelolaan data lainya, banyak perusahaan dan bisnis yang memanfaatkan microsoft excel sebagai media pencatatan keuangan atau akuntansi perusahaan.

Kelemahan dari penggunaan Microsoft excel adalah perlunya pengaturan formula (rumus) dan macros secara manual. Namun, sudah banyak blog dan website yang membahas tutorial pengolahan data termasuk akuntansi bisnis. User juga bisa memilih jenis formula yang sudah disediakan aplikasi, sehingga tinggal menyesuaikan datanya saja.

Microsoft juga menyediakan Google sheets, yaitu sejenis Microsoft excel yang bisa diakses secara online menggunakan E-mail. Kelebihannya, data ini bisa di-sharing dengan pengguna lainnya, sehingga sangat bermanfaat untuk menulis data-data yang dibagikan dengan rekan kerja lainya.

7. Klik Pajak

Aplikasi ini dikhususkan untuk pengelolaan pembayaran dan pelaporan pajak secara online yang dikeluarkan langsung oleh mitra resmi Dirjen Pajak Indonesia. Karena merupakan aplikasi formal, keamanan aplikasi ini lebih bisa terjamin.

Aplikasi Klik Pajak memberikan kemudahan untuk pembayaran dan pelaporan pajak. Selain bisa digunakan untuk kepentingan personal, Klik Pajak juga bisa digunakan untuk perusahaan/bisnis. Hal tersebut akan membantu kemudahan urusan pajak perusahaan yang sering kali mengalami berbagai masalah seperti tidak terintegrasi dengan kantor pusat, data tagihan dan bukti pembayaran pajak yang sering kali sulit ditemukan, serta tidak update terhadap informasi pajak terbaru yang kemudian menimbulkan masalah bagi perusahaan.