Manfaat Pembukuan Usaha Sederhana untuk Atur Keuangan Bisnis UMKM
Laporan keuangan dapat menjadi pertimbangan untuk menetapkan strategi perusahaan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pembukuan keuangan usaha merupakan hal yang sangat esensial bagi usaha dalam skala apapun. Pembukuan usaha menjadi modal penting bagi pelaku usaha untuk dapat membantu navigasi arah jalannya usaha.

Marko S. Hermawan, Head of International Business Program Universitas Bina Nusantara mengatakan pembukuan usaha laporan keuangan dapat menjadi pertimbangan untuk menetapkan strategi perusahaan kedepannya. Termasuk pula apa yang dilakukan secara lebih rinci di waktu mendatang dalam hal keuangan. Misalnya, mengurangi pos pembiayaan gaji atau anggaran promosi.

Salah satu hal yang harus secara konsisten dilakukan adalah pembukuan usaha. Jika pelaku UMKM mempunyai catatan keuangan yang rapi, maka mereka bisa mengatur strategi bisnis untuk kedepannya dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan seperti terlilit utang. Karena manajemen keuangan yang buruk bisa bikin bisnis akan bangkrut.

Karena berbagai manfaat pembukuan usaha, maka pelaku usaha wajib dan perlu mencatat semua transaksi yang masuk maupun keluar. Baik usaha kecil maupun besar harus melakukan pencatatan agar usahanya berjalan lancar.

Tidak sedikit pelaku usaha kecil yang kebingungan melakukan pembukuan usaha karena tidak memiliki background di bidang tersebut. Tenang, Anda tidak perlu membuat laporan yang rumit, pembukuan usaha yang sederhana pun sudah cukup. Berikut ini beberapa tips pembukuan usaha yang sederhana ala Marko yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda.

Simpan Seluruh Catatan Transaksi Keuangan

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu harus memikirkan strategi bisnis dalam jangka panjang. Catatan keuangan menjadi salah satu hal yang sangat berguna untuk usaha Anda kedepannya. Bukan tidak mungkin suatu hari Anda akan membutuhkan dokumen transaksi keuangan harian sebagai referensi pengembangan bisnis.

Marko menyarankan agar pelaku usaha dapat selalu menyimpan seluruh laporan bank, laporan laba rugi, neraca saldo, dan laporan transaksi lainnya yang berkaitan dengan keuangan bisnisnya. Data-data tersebut dapat membantu pelaku usaha untuk membangun pondasi bisnis yang kuat sehingga saat bisnis berkembang, keuangan pun sudah aman.

Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Pada awal memulai bisnis, seorang pengusaha harus membuat catatan pengeluaran dan pemasukan yang terpisah. Pelaku usaha tentu ingin mendapatkan pemasukan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan pembukuan usaha keuangan Anda bisa membandingkan kondisi finansial usaha dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Selain itu, bisa mengetahui apakah laba usaha mengalami peningkatan atau tidak.

Jika yang terjadi sebaliknya, Anda bisa mengetahui biaya apa saja yang sebenarnya tidak terjadi sehingga bisa dipangkas demi menghemat pengeluaran. Intinya, melalui pembukuan usaha keuangan akan membantu pelaku usaha mengawasi kondisi finansial baik secara keseluruhan maupun mendetail.

Gunakan Software atau Aplikasi

Sekarang ini ada banyak software atau aplikasi pembukuan usaha yang bisa Anda pilih untuk membantu melacak serta meninjau laporan keuangan dengan mudah. Sehingga Anda tidak perlu pusing melakukan pembukuan usaha secara manual apalagi kalau catatannya hilang. Selain lebih praktis juga dapat melacak kondisi keuangan kapan saja.

Kebanyakan software atau aplikasi saat ini sudah cukup mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Fitur yang dihadirkan biasanya cukup lengkap sehingga memungkinkan Anda untuk mengelola laporan keuangan baik pemasukan atau pengeluaran bisnis.

Namun sebelum menggunakannya, Anda harus coba mempelajari dulu fitur-fitur yang dimiliki dari software atau aplikasi tersebut. Anda bisa membandingkan mana yang lebih mudah digunakan dengan berbagai fitur yang lengkap. Dengan demikian, pelaku usaha bisa lebih mudah untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Perlu diketahui dan dipahami bahwa pembukuan usaha keuangan bukan hanya perlu dilakukan oleh perusahaan besar saja, namun penting juga untuk dilakukan oleh pelaku UMKM. Setiap jenis usaha, baik skala kecil maupun besar perlu memiliki pembukuan usaha keuangan yang baik, sehingga Anda bisa mengetahui sejauh mana bisnis menghasilkan keuntungan.

Rekomendasi Sistem Pembukuan usaha Terbaik

Jurnal.id merupakan sistem pembukuan usaha online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan usaha serta proses pembukuan usaha pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Sistem untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan sistem pembukuan usaha ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Bagaimana Cara Mendapatkan Software Pembukuan usaha Dari Jurnal?

Untuk bisa mendapatkan software pembukuan usaha dari Jurnal anda hanya perlu melakukan pembelian aplikasi pembukuan usaha dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk paket Starter anda hanya perlu membayar biaya 199 ribu saja. Untuk paket Pro biayanya adalah 299 ribu, sementara untuk paket Enterprise biayanya adalah 499 ribu.

Nah kini tentu Anda sudah memahami Bagaimana kemudahan penggunaan software pembukuan usaha beserta dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki aplikasi ini. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software ini tetapi belum yakin untuk membelinya maka bisa mencoba versi software free trial selama 14 hari. Untuk caranya tentu mudah yaitu anda hanya perlu melakukan pendaftaran saja lalu langsung download aplikasinya. Lewat program Jurnal by Mekari kembangkan bisnis anda sekarang juga. Karena Jurnal adalah pilihan untuk software pengelola keuangan terbaik di Indonesia saat ini.

Demikian beberapa fitur yang ada pada software pembukuan usaha online dari Jurnal. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program pembukuan usaha untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih sistem sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu.

Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi akunting yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan yang sudah mempercayakan pembelian aplikasi pada Jurnal. Bagi Anda yang tertarik dengan aplikasi accounting dari Jurnal namun masih belum yakin membeli paket aplikasinya, maka bisa mencoba program free trial selama 14  hari dari Jurnal yang bisa di unduh secara gratis.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan usaha online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.