Tips Membuat Pembukuan yang Efisien dan Mudah untuk Setiap Pemilik Bisnis
Pembukuan mungkin bukanlah aktivitas bisnis yang menyenangkan, namun sangat penting untuk dilakukan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pembukuan mungkin bukanlah aktivitas bisnis yang menyenangkan, namun sangat penting untuk dilakukan. Ini akan membantu bisnis Anda berkembang untuk jangka panjang. Meskipun terdengar merepotkan, namun sebenarnya pembukuan bisa dibuat menjadi lebih efisien dan sederhana. Salah satunya menggunakan software. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan.

Pada permulaan tahun ini, mengorganisir pembukuan Anda merupakan langkah yang sangat tepat. Untuk membuat pembukuan di perusahaan Anda menjadi lebih baik, lakukan lima cara sederhana berikut ini.

  1. Ganti Sistem Pembukuan Manual yang Menggunakan Kertas

Sekarang sudah bukan lagi zamannya melakukan pembukuan secara manual. Penggunaan kertas mungkin adalah salah satu alasan utama mengapa pembukuan adalah aktivitas bisnis yang sangat tidak disukai. Mencari kuitansi dan dokumen-dokumen keuangan lama di antara tumpukan kertas sungguh sangat melelahkan dan tentunya membuat Anda frustasi, jadi sebaiknya ganti sistem pembukuan manual Anda dengan yang otomatis.

Dengan menggunakan sistem pembukuan otomatis, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mencari dokumen-dokumen keuangan Anda, tidak ada lagi kesalahan dalam pembukuan Anda, karena sistem mencatatnya dengan akurat. Yang tidak kalah penting, Anda tidak perlu khawatir kehilangan catatan keuangan Anda, karena semuanya disimpan dalam sistem terpusat yang tingkat keamanannya tinggi.

  1. Pisahkan Rekening Bank Bisnis dan Pribadi

Terutama jika Anda baru saja membuka bisnis, mungkin Anda tergoda untuk menggunakan satu rekening bank untuk keperluan bisnis dan pribadi Anda. Padahal ini bukan langkah yang bijak. Uang bisnis Anda seharusnya tidak menjadi uang pribadi Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda seharusnya tidak menggunakan uang perusahaan kecuali apabila itu untuk kebutuhan bisnis Anda. Memisahkan rekening bank bisnis dan pribadi dapat membantu Anda memonitor arus kas, memahami pendapatan dan pengeluaran, dan menggunakan anggaran Anda dengan lebih bijak. Selain itu, ini juga menunjukkan profesionalisme bisnis Anda.

  1. Luangkan Waktu untuk Mengelola Catatan Keuangan

Tidak peduli betapa sibuknya Anda, meluangkan waktu untuk fokus pada sisi administrasi bisnis Anda. Pilih waktu tertentu untuk memastikan bahwa seluruh catatan keuangan Anda telah tersimpan dengan baik dan arus kas Anda berjalan lancar.

Jangan lupa untuk mengecek setiap faktur yang Anda kirim dan menagih pelanggan yang belum melunaskan pembayarannya pada Anda. Anda pun perlu memastikan bahwa semua tagihan dari vendor atau pemasok sudah dibayar tepat waktu, demi arus kas yang sehat.

  1. Pahami Kondisi Keuangan Bisnis Anda

Untuk dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda dengan baik, Anda perlu membuat empat jenis laporan keuangan yang penting bagi bisnis Anda, yakni laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca. Empat jenis laporan keuangan ini dapat membantu Anda mengambil keputusan finansial yang lebih baik. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing laporan keuangan tersebut:

  • Laporan laba rugi: membantu Anda mengetahui apakah bisnis Anda meraih untung atau merugi
  • Laporan arus kas: membantu Anda memahami setiap uang yang masuk dan keluar
  • Laporan perubahan modal: memberikan Anda informasi tentang perubahan modal bisnis Anda dan apa yang menyebabkan perubahan tersebut
  • Laporan neraca: membantu Anda mengetahui jumlah aset, modal, dan utang perusahaan Anda
  1. Lakukan Prakiraan Keuangan Jangka Pendek & Panjang

Ke mana bisnis Anda akan mengarah baik dalam jangka pendek maupun panjang? Bagaimana prospek untuk profitabilitas, pengeluaran, arus kas, dan kebutuhan modal? Jawabannya dapat diketahui saat ini juga dengan membuat prakiraan finansial.

Prakiraan finansial harus memperhitungkan seluruh pengeluaran dan pendapatan yang Anda harapkan, serta mencakup skenario terbaik dan terburuk. Ini merupakan sumber berharga yang dapat Anda bagikan kepada investor Anda. Lebih pentingnya lagi, ini juga memberikan proyeksi yang akan membantu Anda menentukan tujuan yang realistis dan membuat keputusan manajerial yang lebih cerdas.

Untuk dapat melakukan prakiraan finansial yang berketepatan tinggi, Anda memerlukan data keuangan yang akurat. Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan dari Jurnal by Mekari dapat memastikan keakuratan pada data keuangan Anda. Dengan fitur financial forecasting nya, Anda bahkan dapat menghasilkan data prediksi keuangan baik untuk jangka pendek maupun panjang hanya dalam hitungan detik.

Jurnal.id adalah sebuah Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan berbasis cloud untuk mengatur sistem pembukuan yang lebih baik bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Jurnal.id juga dapat menghubungkan business owner dengan akuntan profesional yang akan membantu pebisnis untuk mengelola dan merangkai rencana keuangan mereka serta menghemat waktu dari proses administrasi dan operasional dengan harga efisien, cepat, dan efektif sehingga mereka dapat lebih fokus dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu, Jurnal juga sudah menggunakan sistem pengelolaan cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana di dalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara real time, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari.