NASA Luncurkan COSI tahun 2025 untuk Pelajari Pembentukan  Bahan Kimia di Bima Sakti
Teleskop luar angkasa juga akan bertujuan untuk menemukan situs nukleosintesis di galaksi. (foto: dok. NASA)

JAKARTA – NASA telah menyalakan lampu hijau untuk pengembangan misi astrofisika kecil berikutnya yakni teleskop ruang angkasa yang disebut COSI yang akan menjelajahi Bima Sakti dengan mempelajari pembentukan bahan kimia di galaksi melalui pengamatan sinar gamma.

Ketika mempelajari evolusi kimia materi antarbintang, para ilmuwan mempelajari alam semesta yang diketahui melintasi spektrum elektromagnetik untuk mengamati semua bentuk radiasi, termasuk sinar gamma.

Sinar gamma cukup menarik karena berasal dari peristiwa energik seperti ledakan bintang, materi yang melahap lubang hitam, atau tabrakan besar antara benda langit. Di Bumi, sinar gamma dihasilkan selama ledakan nuklir, peristiwa bencana buatan manusia yang mungkin suatu hari menyelamatkan planet ini dari dampak asteroid.

Sinar gamma pada dasarnya berfungsi sebagai sidik jari untuk mendeteksi peristiwa kosmik berenergi tinggi. Karena panjang gelombangnya yang pendek, sinar gamma diamati menggunakan detektor yang mengandung kristal padat, menghasilkan fenomena yang disebut hamburan Compton.

Teleskop ruang angkasa baru yang ditugaskan oleh NASA bergantung pada fenomena ini untuk melakukan tugasnya. Disebut Compton Spectrometer and Imager (COSI), mesin ini diharapkan diluncurkan pada tahun 2025 dan dikatakan menelan biaya  145 juta dolar AS untuk seluruh misi, dikurangi biaya peluncuran.

Tujuan inti dari misi COSI adalah untuk mempelajari pembentukan unsur-unsur kimia di Bima Sakti dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang peristiwa seperti penciptaan bintang dan kematian akhirnya.

Bidang pandang teleskop mencakup 25 persen dari langit yang terlihat, dan menggunakan tidak kurang dari enam belas pencitraan 3D, detektor germanium resolusi spektral tinggi (GeDs). Proyek COSI dipilih dari sekelompok 18 pengajuan yang diajukan kembali pada tahun 2019 sebagai bagian dari program Astrophysics Explorers badan antariksa.

COSI, yang merupakan teleskop survei sinar gamma lunak, secara khusus akan mempelajari sinar gamma yang memancar dari atom yang muncul karena peristiwa seperti supernova, yang pada dasarnya menelusuri sejarah kimia galaksi Bima Sakti. Ini juga bertujuan untuk mengungkap misteri positron - partikel subatomik dengan massa yang sama dengan elektron tetapi dengan muatan yang berlawanan. Atau, dengan kata sederhana, positron berada di anti-partikel untuk elektron.

Teleskop luar angkasa juga akan bertujuan untuk menemukan situs nukleosintesis di galaksi. Untuk yang tidak sadar, nukleosintesis mengacu pada proses pembuatan inti atom menggunakan partikel seperti proton dan neutron. Diyakini bahwa inti atom pertama terbentuk beberapa menit setelah ledakan Big Bang.

Saat mengembangkan proyek, tim berfokus pada peningkatan di bidang utama seperti sensitivitas, resolusi spektral, dan cakupan langit untuk memastikan bahwa COSI dapat membantu membuat beberapa penemuan inovatif. Kekuatan COSI terletak pada pengamatan sinar gamma lunak, rentang yang sangat penting untuk studi evolusi bintang masif dan ledakan supernova. Teleskop NASA akan memetakan emisi isotop Besi dan Aluminium tertentu dan mencari jejak isotop Titanium yang muncul setelah ledakan supernova