Motional dan Via Kerja Sama Luncurkan Robotaxi Antar-Jemput Gratis di Las Vegas
Motional dan Via bekerja sama untuk meluncurkan layanan antar-jemput robotaxi gratis (foto: twitter @motional)

Bagikan:

JAKARTA – Motional dan Via bekerja sama untuk meluncurkan layanan antar-jemput robotaxi gratis di Las Vegas. Berita itu muncul hampir satu setengah tahun setelah kedua perusahaan mengumumkan niat mereka untuk bergabung guna mempelajari bagaimana kendaraan otonom dapat berinteraksi dengan jaringan angkutan umum.

Motion adalah perusahaan patungan antara Hyundai dan Aptiv, yang telah menguji kendaraannya di Las Vegas dan California. Via adalah perusahaan perangkat lunak transit yang sebelumnya mengoperasikan kendaraan berdasarkan permintaan di New York City dan Washington, DC.

Bersama-sama, kedua perusahaan ini mengatakan mereka akan meluncurkan layanan antar-jemput otonom di Las Vegas yang akan bebas digunakan.

Mulai hari ini, robotaxis Motional tersedia di aplikasi smartphone Via untuk penumpang di pusat kota Las Vegas. Layanan ini akan beroperasi dari pukul 09:00 hingga 17:00, Senin hingga Jumat. Kendaraan tersebut adalah sedan BMW seri-5 dan bukan SUV listrik Hyundai Ioniq 5, yang menurut Motional akan menjadi kendaraan pilihan masa depan untuk layanan robotaxi-nya.

Kendaraan akan menyertakan pengemudi keselamatan di kursi depan, dan lokasi penjemputan dan pengantaran akan ditentukan sebelumnya. Lokasi, yang akan disorot di aplikasi Via, termasuk Pusat Transit RTC Bonneville, Balai Kota Las Vegas, Taman Kontainer, Distrik Seni Las Vegas, dan Pusat Pemerintah Kabupaten Clark.

Las Vegas tidak asing dengan kendaraan otonom dan angkutan. Kota ini secara rutin menjadi tuan rumah bagi berbagai perusahaan yang menguji kendaraan mereka di sepanjang jalur Las Vegas dan tempat-tempat lain, terutama selama Pameran Elektronik Konsumen tahunan. Ada juga beberapa layanan antar-jemput robot, terutama yang dioperasikan oleh Keolis yang terlibat dalam kecelakaan kecepatan tingkat rendah pada tahun 2017.

Motion juga tidak secara eksklusif bekerja dengan Via. Perusahaan berencana meluncurkan layanan robotaxi komersial pada tahun 2023. Layanan tersebut, yang kemungkinan akan dimulai di Las Vegas, akan tersedia di aplikasi ride-hailing Lyft setelah perusahaan tersebut menjual program pengembangan teknologi AV-nya sendiri ke Toyota seharga  550 juta dolar AS tahun lalu.

Motion sebagai perusahaan patungan pertama kali diumumkan pada Maret 2020, ketika Hyundai mengatakan akan menghabiskan  1,6 miliar dolar AS untuk mengembangkan bisnis komersial di sekitar kendaraan otonom.

Aptiv, sebuah perusahaan teknologi yang memisahkan diri dari pemasok suku cadang mobil Delphi, memiliki 50 persen saham dari usaha tersebut. Perusahaan saat ini memiliki fasilitas di Las Vegas, Singapura, dan Seoul dan juga telah menguji kendaraannya di Boston dan Pittsburgh. Selain di Las Vegas, Motion juga menguji kendaraannya di Santa Monica, California.

Insinyur Motion bertanggung jawab atas pilot robotaxi pertama di dunia, di Singapura, serta perjalanan otonom pertama dari New York ke San Francisco. Selama beberapa tahun terakhir, Aptiv  dan kini Motional, punya armada taksi otonom yang dipantau pengemudi dengan keamanan di Las Vegas. Mereka   bermitra dengan Lyft  telah menyelesaikan “lebih dari 100.000 perjalanan.” Awal tahun ini, perusahaan mulai menguji kendaraan tanpa monitor manusia di belakang kemudi.