Bagikan:

JAKARTA - Tahun ajaran baru telah dimulai sejumlah institusi pendidikan, baik dari tingkat dasar hingga atas, kembali menjalankan aktivitas pembelajaran. Hanya saja, sebagai bentuk kenormalan baru dari dampak pandemi virus corona, proses belajar mengajar harus berubah dari kontak fisik ke platform online.

Salah satu platform yang paling populer digunakan saat ini untuk proses belajar daring, adalah Google Classroom. Platform ini tidak hanya mudah digunakan, namun juga memiliki banya fitur yang mendukung proses belajar mengajar secara online.

Lewat Google Classroom, memungkinkan guru dan tenaga pengajar untuk membuat kelas secara online. Bahkan platform ini juga bisa membantu siswa dan pengajar untuk mengorganisir tugas, serta materi pelajaran yang dibutuhkan dengan baik. 

"Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat," tulis Google dalam situsnya, Selasa, 14 Juli. 

Cuplikan pembuatan kelas dan mengirim tugas di Google Classroom (dok. Google)

Untuk memanfaatkan layanan ini, guru bisa mengaksesnya melalui situs web atau dalam bentuk aplikasi di smartphone atau tablet. Para siswa juga bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store dan Apple Store. 

Untuk membuat kelas di Google Classroom, lakukan langkah berikut:

1. Masuk ke aplikasi Google Classroom atau situs web classroom.google.com

2. Di halaman situs, klik ikon tambah kemudian klik 'Creat Class'.

3. Kemudian, isi formulir yang muncul di layar, dan klik Buat.

Perlu diingat pembuatan kelas online di Google Classroom memerlukan akun Google atau Gmail. Sebab Google Classroom juga akan terintegrasi dengan sejumlah fitur lainnya, baik itu Google Docs, Slides dan Sheets yang bisa dimanfaatkan para siswa untuk mengerjakan tugas dan diunggah kembali ke guru untuk diperiksa. 

Sedangkan untuk mengundang siswa untuk hadir di Google Classroom, lakukan langkah berikut:

1. Ulangi langkah pertama dengan masuk ke situs web Google Classroom, kemudian pilih ikon tanda (+) di pojok kanan atas untuk 'Join Class'

2. Di sini biasanya para guru atau tenaga pengajar yang telah menyiapkan kelas online akan mengirimkan kode unik yang bisa digunakan para siswa untuk masuk dalam kelas. 

Dalam Google Classroom, para siswa tetap bisa berinteraksi satu sama lainnya dengan saling mengomentari tugas atau sekadar membalas e-mail, melalui tampilan antar muka di Classroom.