6 Fitur Baru Google Meet untuk Saingi Zoom
Ilustrasi video konferensi (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi video konferensi Google Meet terus menghadirkan pembaruan untuk mempermudah aktivitas penggunanya. Hal ini dilakukan Google agar bisa bersaing dengan aplikasi sejenis baik itu Zoom maupun Microsoft Teams.

Seperti dikutip 9to5Google, beberapa fitur baru Google Meet di antaranya memungkinkan pengguna untuk mengganti tampilan latar belakang saat rapat online. Tak hanya itu, Google juga mengonfirmasi beberapa fitur lainnya seperti caption secara real-time, low-light mode, dan hand-raising

"Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan memudahkan pengguna yang ingin mengganti tampilan latar belakangnya dengan gambar-gambar pilihan sendiri," tulis Google dalam keterangan resminya, Selasa, 30 Juni.

Selain itu, Google Meet juga sudah mendukung tampilan peserta meeting hingga 49 orang dalam satu panggilan video konfernsi. Rencananya, fitur baru ini akan segera dirilis dalam waktu dekat sehingga bisa dipergunakan untuk keperluan korporat dan edukasi. 

Lebih lanjut, Google sudah mengintegrasikan layanan Meet ke Gmail semenjak bulan lalu. Adapun penambahan fitur Google ini dilakukan untuk mengejar ketinggalan mereka dari layanan video konferensi populer saat pandemi Covid-19 ini, yaitu Zoom.

Di mana saat itu, banyak karyawan maupun pelajar yang terpaksa melakukan kegiatannya secara daring. Kehadiran aplikasi video konferensi pun menjadi populer untuk bertatap muka antar kolega saat pandemi Covid-19.

Berikut penjelasan mengenai enam fitur baru milik Google Meet, sebagaimana dirangkum VOI:

1. Hand Raising: Fitur yang satu ini dapat berfungsi ketika peserta memiliki pertanyaan dengan moderator utama. Dan nantinya sang moderator dapat menanggapinya dengan cepat.

2. Meeting Attendance: Moderator utama dapat melihat siapa saja yang menghadiri pertemuan secara daring tersebut. 

3. Breakout Rooms: Fitur yang satu ini bisa memudahkan moderator utama untuk memecah tim menjadi kelompok kecil agar dapat berdiskusi secara internal dengan timnya. Setelah selesai, mereka dapat berkumpul kembali.

4. Q&A: Menyediakankan ruang bagi audiens untuk mengajukan pertanyaan tanpa mengganggu alur percakapan.

5. Polling: Fitur ini bisa melibatkan peserta dalam pertemuan besar saat ada sesuatu yang mengharuskan moderator utama mengajukan polling, dan fitur ini dapat digunakan secara real-time.

6. Kontrol untuk Moderator Utama: Memberikan moderator utama kontrol tambahan untuk mematikan, menampilkan, peserta yang dapat bergabung maupun tidak dan lainnya.