Bagikan:

JAKARTA – Google meningkatkan kemampuan bahasa untuk teks terjemahan di Google Meet. Kini, pesaing Zoom dan Skype ini telah mendukung lebih dari 50 bahasa sehingga keterbatasan bahasa bisa ditangani.

Diumumkan di situs resmi pembaruan Workspace, Google mengatakan dukungan bahasa untuk teks tertulis telah diluncurkan ke Google Meet versi beta. Perusahaan itu menambahkan 52 bahasa sehingga jumlah totalnya menjadi 87 bahasa.

"Bagi pelanggan Gemini untuk Google Workspace, kami menambahkan 52 bahasa ke teks terjemahan dengan dukungan bahasa penuh, yang berarti bahasa-bahasa ini dapat diterjemahkan ke dan dari bahasa lain yang didukung sepenuhnya," jelas Google.

Beberapa bahasa baru yang ditambahkan adalah Azerbaijan, Ceko, Laos, Yunani, Islandia, Ukraina, Melayu, Serbia, dan masih banyak lagi. Google juga merilis dukungan bahasa penuh untuk beberapa bahasa yang sudah diluncurkan sebelumnya.

"Kami juga meluncurkan dukungan bahasa penuh untuk 6 bahasa yang diluncurkan sebelumnya. Teks terjemahan kini sepenuhnya mendukung 69 bahasa." Artinya, jumlah bahasa yang disebutkan ini telah disempurnakan oleh Google.

Dukungan bahasa ini tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan akun pribadi. Fitur ini sudah bisa diakses bagi beberapa pengguna, tetapi peluncurannya masih dilakukan secara bertahap selama tiga hari mulai Jumat, 21 Juni.

Pengguna Google Meet tidak perlu mengaktifkan fitur apa pun karena dukungan bahasa ini akan tersedia secara default. Di masa depan, teks terjemahan akan tersedia di berbagai add-on Gemini seperti Gemini Enterprise, AI Meetings and Messaging, dan lainnya.