Bagikan:

JAKARTA – TikTok, platform video dari ByteDance, meluncurkan fitur baru yang dapat meningkatkan user experience. Fitur baru ini bisa menampilkan geolokasi tertentu berdasarkan lokasi dan kategori yang dipersempit.

Dilansir dari The Verge, pengguna bisa memilih kategori tertentu saat menampilkan video di berbagai lokasi seperti Boston, New York, dan Texas. Berbagai kategori yang bisa dipilih adalah hotel, makanan dan minuman, belanja, hingga taman.

Deretan kategori ini ditempatkan di bagian bawah keterangan lokasi. Ketika beralih ke kategori lain, TikTok akan menampilkan video yang relevan. Jika pengguna tertarik untuk mengunjungi tempatnya, mereka bisa mengeklik menu Jelajahi Lebih Banyak Tempat.

Menu dalam bentuk tombol itu akan mengarahkan pengguna ke layanan peta yang terintegrasi seperti Apple Maps. Pengguna akan melihat berbagai bisnis yang relevan dengan kategori dan lokasi yang mereka lihat sebelumnya di dalam aplikasi TikTok.

Apple Maps akan memperlihatkan alamat yang lebih detail dari tempat atau toko yang sedang dicari di lokasi tertentu. Pengguna bisa melihat harga dari produk yang dijual, video yang bisa langsung diklik, dan berapa banyak tag video untuk lokasi tersebut.

Ini merupakan fitur yang menarik untuk memanfaatkan TikTok secara maksimal. Pengguna tidak perlu lagi menggulir layar tanpa henti untuk mendapatkan rekomendasi tempat yang menarik. Mereka hanya perlu mempersempit hasil pencarian video di TikTok.

TikTok belum memberikan komentar apa pun mengenai kehadiran fitur ini. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan dan apakah fiturnya masih dalam proses pengujian. Sepertinya, TikTok akan mengutamakan peluncuran fitur di AS dibandingkan negara lainnya.