Selain Zoom dan Google Meet, Anda Bisa Melakukan <i>Video Conference</i> Menggunakan Aplikasi Ini
Selain Zoom dan Google Meet, Anda Bisa Melakukan Video Conference Menggunakan Aplikasi Ini (BukaReview)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia mulai akhir tahun 2019, banyak orang melakukan aktivitas mereka dari rumah karena pembatasan sosial yang dilakukan di banyak negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Sejak saat itu, banyak aktivitas kemudian dilakukan secara daring atau online, menggunakan aplikasi Video Conference untuk rapat kantor, belajar mengajar di sekolah serta lainnya.

Hal tersebut juga turut membuat sejumlah perusahaan teknologi seperti Google, kemudian membuat fitur Google Meet, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pertemuan secara online.

Selain itu, aplikasi Zoom yang mengusung konsep video conference sebagai fitur andalannya menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan.

Akan tetapi, selain Google Meet dan Zoom, masih ada aplikasi video conference lain yang bisa Anda coba. Hal tersebut bisa menjadi alternatif apabila terjadi server down, sehingga membuat aktivitas meeting Anda terganggu.

Apa saja aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video conference, berikut ini tim VOI telah merangkum platform yang dapat Anda gunakan untuk meeting selain Google Meet, dan Zoom.

Skype

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video conference adalah Skype. Platform yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut memungkinkan untuk melakukan panggilan video dengan bebeapa orang sekaligus.

Anda pun dapat mengaksesnya menggunakan beragam perangkat seperti smartphone Android, iOS, komputer, maupun laptop milik Anda. Pengguna pun dapat menikmati berbagai layanan di Skype secara gratis.

Selain itu, Skype juga memiliki beragam layanan yang tak kalah dengan Zoom dan Google Meet, seperti teks subtitle, dan merekam panggilan supaya dapat ditonton ulang.

Microsoft Teams

Aplikasi video conference selanjutnya yang dapat Anda coba selain Google Meet, Zoom adalah Microsoft Team. Sama seperti Skype, aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Microsoft.

Meskipun bisa diakses menggunakan berbagai perangkat, tetapi pengguna akan mendapat fitur yang lebih lengkap apabila menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, agar bisa menggunakan beragam fitur yang ditawarkan saat melakukan video conference.

Sementara itu, Anda lebih direkomendasikan untuk mengunduh aplikasi Microsoft Teams di perangkat komputer maupun smartphone supaya bisa menggunakannya dengan mudah dan lancar.

Itu tadi sejumlah aplikasi video conference yang bisa Anda coba apabila bosan menggunakan Zoom atau Google Meet, saat rapat dan rasakan pengalaman baru melakukan rapat menggunakan aplikasi lain.