Bagikan:

JAKARTA - Google terus berinovasi untuk platform edukasinya, termasuk Google Classroom. Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa sekarang pengajar atau guru dapat menambahkan pertanyaan ke sebuah video YouTube yang ditayangkan di Classroom. 

"Dengan demikian, siswa diajak untuk memberikan tanggapan secara langsung, dan secara bersamaan pendidik dapat menganalisis jawaban sambil melihat data kemajuan setiap siswa secara detail," tulis Google dalam blognya dikutip Senin, 5 Februari. 

Selain itu, Google Classroom juga akan menghadirkan fitur pertanyaan yang disarankan oleh Artificial Intelligence (AI), yang diharapkan dapat memudahkan  guru untuk membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Selain itu, dengan menggunakan Google Form yang dikombinasikan dengan Practice Sets, pendidik dapat membuat sebuah rangkaian latihan yang interaktif. Practice Sets kini sudah tersedia lebih dari 50 bahasa dan sudah menggunakan kemampuan AI.

Lebih lanjut, pada akhir tahun ini, Google akan meluncurkan fitur yang memungkinkan guru untuk menentukan kelompok di Classroom. Sehingga, bisa memudahkan guru menetapkan konten belajar yang berbeda ke masing-masing kelompok.

Kini guru sudah dapat menggunakan fitur sorotan pembicara (speaker spotlight) dan rekaman di Slides, atau fitur pengeditan pada Screencast di Chromebook.

"Google juga telah mendengarkan dan bekerja sama dengan jutaan pendidik untuk memahami cara terbaik membawa teknologi AI ke dalam ruang kelas," tutup pengumuman itu.