Google Akan Tambahkan Fitur Baru untuk Workspace Education di Chromebook
Google tambahkan fitur baru di Chromebook (foto: dok. Google)

Bagikan:

 JAKARTA – Google mengumumkan fitur baru untuk Workspace Education di Bett 2024, pameran teknologi pendidikan global. Pembaruan ini akan ditambahkan ke sistem operasi Chromebook.

Dilansir dari 9to5google, Google akan menambahkan kalendar di Rak atau toolbar di bawah layar Chromebook. Kalendar ini bisa diakses secara langsung saat pengguna mengeklik tanggal yang tertera di samping tampilan jam.

Berbarengan dengan peluncuran kalendar di bagian tanggal, Google akan menambahkan widget baru untuk Google Classroom. Widget ini akan menampilkan tugas pengguna Google Classroom dengan opsi Segera Selesai, Tidak Ada Tanggal Jatuh Tempo, Hilang, dan Selesai.

Saat berbagai opsi ini diklik, widget tersebut akan menampilkan berbagai tugas yang berkaitan dengan opsi yang dipilih. Selain membuat widget yang berguna untuk mengingatkan tugas, Google akan menambahkan beberapa fitur untuk membantu siswa belajar.

Berbagai fitur ini adalah Pengenalan Karakter Optik (OCR), membacakan text-to-speech (TTS)dan line focus. Ketiga fitur ini akan diluncurkan tahun depan, tetapi fitur TTS yang terdengar alami akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Selain meluncurkan fitur baru untuk murid pengguna Chromebook, Google juga memberikan berbagai fitur baru untuk membantu guru. Mereka menambahkan tab Sumber Daya di Google Classroom untuk membuat, mengelola, dan berbagi video hingga materi interaktif.

Para pendidik di Google Classroom juga bisa berbagi link ke halaman Tugas Kelas. Dengan sistem ini, guru bisa menyederhanakan proses pembelajaran. Murid juga bisa mengikuti pembelajaran dengan lebih baik lagi.

Terakhir, Google akan menambahkan fitur AI untuk membantu para pendidik dalam menyusun rencana pembelajaran di Dokumen, membuat gambar di Slide, dan membuat rencana proyek di Spreadsheet.