Google Hadirkan Chromebook Terbaru di Asia Pasifik dan Amerika Latin
Chromebook dengan sistem ChromeOS (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA — Google menghadirkan Chromebook terbaru bagi para pendidik dan pelajar di Asia Pasifik serta Amerika Latin. Chromebook untuk tujuan pendidikan ini merupakan hasil kolaborasi dengan produsen lokal.

Sejumlah produsen yang bekerja sama dengan Google adalah Acer, CTL, Edxis, Centerm dan Multilaser. Chromebook yang mereka kembangkan menghadirkan berbagai macam peningkatan dan dapat membantu para pendidik dalam mengajar.

Beberapa laptop yang Google perkenalkan adalah Acer Chromebook 311, Chromebook Multi PC924, Centerm Chromebook M610, dan Edxis E-Lite Chromebook. Keempat perangkat ini sama-sama memiliki RAM 8GB.

Deretan Chromebook ini memiliki Alat Google for Education, yaitu Classroom, Document, Slide, dan Spreadsheet. Ada juga beberapa aplikasi bawaan gratis, salah satunya Screencast untuk merekam dan membuat transkrip video.

Menurut Google, penggunaan Chromebook di sekolah merupakan pilihan yang tepat karena perangkat ini bisa menguntungkan berbagai pihak, baik murid, pengajar, maupun tim IT di sekolah. Dengan menggunakan Chromebook, tim IT bisa mengelola ribuan laptop di satu tempat.

Selain itu, Chromebook merupakan perangkat dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi spesifikasinya mendukung pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, Chromebook bisa menghemat anggaran sekolah.

Hal lain yang membuat Chromebook lebih unggul adalah Endpoint Education Upgrade, layanan untuk mengelola perangkat dan menjaga keamanan Google Workspace. Layanan ini bisa membantu pihak sekolah jika salah satu Chromebook hilang atau dicuri.