Redam Bising saat Menelepon, Apple Bakal Hadirkan Fitur Isolasi Suara di iOS 16.4
Ilustrasi iPhone (Foto: dok. iphone)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam waktu dekat, pengguna iPhone akan memiliki kualitas suara yang bagus saat menelepon atau menerima panggilan berkat fitur baru Voice Isolation atau Isolasi Suara di iOS 16.4.

Apple mengatakan, fitur Isolasi Suara merupakan solusi perangkat lunak yang dapat pengguna aktifkan untuk mengurangi kebisingan sekitar, seperti suara latar belakang atau angin, untuk membantu lawan bicara mendengar suara dengan lebih jelas.

Isolasi Suara di iOS bukanlah hal baru, fitur ini telah tersedia untuk panggilan FaceTime dan WhatsApp, bahkan di Mac dan iPadOS yang menjalankan iOS 15 atau macOS Monterey lebih baru.

Namun, hingga saat ini fitur tersebut tidak mendukung panggilan telepon biasa. Untuk menggunakannya, buka Pusat Kontrol selama panggilan, ketuk tombol Mode Mikrofon, dan pilih opsi Isolasi Suara.

Selain Isolasi Suara, Apple juga menghadirkan berbagai peningkatan baru untuk sistem operasinya itu. Browser web pihak ketiga (aplikasi web) akan dapat disematkan di Layar Beranda, mereka akan menampilkan lencana notifikasi untuk peringatan.

Kemudian, Perpustakaan Foto Bersama iCloud sekarang dapat mendeteksi foto dan foto duplikat. Aplikasi Cuaca juga mendukung narasi VoiceOver untuk peta.

Pembaruan turut memperkenalkan 21 emoji baru yang dapat diakses dari keyboard emoji. iOS 16.4 menambahkan pengaturan aksesibilitas baru yang dapat diaktifkan untuk meredupkan layar secara otomatis saat kilatan cahaya atau efek strobo terdeteksi di video.

Permintaan Minta Izin Pembelian dari anak-anak sekarang juga akan muncul dengan benar di perangkat orang tua.

Arsitektur Rumah baru, yang telah diperkenalkan kembali di iOS 16.4, kini sudah memperbaiki masalah di mana termostat yang kompatibel dengan Materi dapat menjadi tidak responsif saat dipasangkan ke Apple Home.

Terakhir, Apple kini telah mengoptimalkan algoritma Deteksi Kecelakaan pada model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, seperti dikutip dari MacRumors, Rabu, 23 Maret.