4 Fitur Tersembunyi di AirPods Apple Ini Wajib Kamu Coba
AirPods telah menjadi salah satu perangkat Apple yang paling laris. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - AirPods telah menjadi salah satu perangkat Apple yang paling laris. Selain ukurannya yang mungil, serangkaian fiturnya juga dapat diandalkan, termasuk yang tersembunyi sekalipun.

Perangkat audio nirkabel paling populer di dunia ini berfungsi mulus dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone, iPad, iPod atau Mac.

Beberapa fitur unggulan AiPods sendiri meliputi audio spasial, pembatalan bising aktif, Transparansi Adaptif, tahan keringat atau air, dan banyak lagi.

Namun, selain fitur yang telah disebutkan, AirPods juga ternyata memiliki fitur tersembunyi yang bermanfaat bagi penggunanya. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini ya.

Keuntungan Ketuk Dua Kali Pada AirPods Anda

Banyak pengguna AirPods yang tidak tahu kalau mereka dapat memindahkan lagu atau menjawab panggilan masuk hanya dengan mengetuk dua kali pada perangkat mereka itu.

Namun, ketukan dua kali itu tidak hanya melakukan dua perintah tersebut, Anda dapat memilih apa yang Anda inginkan saat mengetuk dua kali AirPods Anda.

Caranya, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Bluetooth, dan tekan ikon informasi di samping AirPods Anda. Jika Anda ingin mengubah tindakan ketuk dua kali untuk earbud kiri, ketuk Kiri di bawah Ketuk Dua Kali Di AirPod dan pilih dari opsi yang tersedia, seperti Siri, Putar/Jeda, Trek Berikutnya, Trek Sebelumnya, dan Mati. Begitu pun dengan earbud kanan.

Jika Anda memilih Siri sebagai tindakan ketuk dua kali untuk memberikan perintah suara, Anda dapat mengontrol ponsel dengan suara Anda untuk melakukan panggilan telepon, menambah atau mengurangi volume pemutaran, melakukan pencarian internet cepat, dan banyak lagi.

AirPods Bisa Beri Tahu Siapa yang Menelepon Anda

Untuk membuat AirPods Anda mengumumkan penelepon, buka Pengaturan, ketuk Telepon, pilih Umumkan Panggilan, dan pilih Hanya Headphone dari opsi yang tersedia. Nantinya, saat Anda menerima panggilan dan mengaktifkan AirPods, mereka akan memberitahu siapa yang menelepon. 

Peralihan Otomatis untuk Pengalaman yang Mulus

Fitur peralihan perangkat ini mirip dengan yang dimiliki Spotify, Anda dapat beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk AirPods, Anda bisa gunakan perangkat dengan iOS 14 dan macOS Big Sur atau lebih baru.

Fitur ini dapat digunakan saat Anda sedang mendengarkan musik di iPhone Anda, tetapi Anda mengklik video YouTube di iPad Anda, AirPods kemudian akan secara otomatis beralih ke iPad, menayangkan audio video.

Setiap kali AirPods beralih, Anda akan melihat notifikasi pop-up yang dapat membalikkan tindakan jika Anda tidak ingin AirPods beralih. Jika Anda tidak ingin AirPods Anda beralih, buka Pengaturan dan nonaktifkan fitur tersebut.

Bisa Cari Perangkat yang Hilang

AirPods Pro terbaru hadir dengan beberapa peningkatan, termasuk speaker kecil yang membantu Anda menemukannya melalui aplikasi Find My.

Jika Anda kehilangan AirPods, aplikasi Find My dapat membantu Anda menemukannya. Selain itu, AirPods Pro terbaru juga hadir dengan sensor sentuh yang membantu Anda mengontrol volume pemutaran langsung dari perangkat.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengusapnya ke atas atau ke bawah pada AirPods Pro Anda untuk menambah atau mengurangi volume. Demikian dikutip dari Slashgear, Senin, 17 Oktober.