Makin Kencang! Google Fiber Tawarkan Internet Berkecepatan 8 Gbps Tahun Depan
Google Fiber tawarkan internet yang lebih cepat dengan 5 -8 Gbps (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google Fiber, layanan yang menyediakan jaringan super cepat dari Google mengungkapkan bahwa mereka akan meluncurkan paket internet yang lebih cepat kepada penggunanya. 

Berdasarkan apa yang diunggah oleh Amalia O'Sullivan selaku Direktur Manajemen Produk, Google Fiber telah memberikan pengguna kecepatan internet sejak 12 tahun lalu. Mulai dari 1 Gbps pada 2010 dan kemudian berlanjut dengan paket 2 Gbps pada 2020.

"Dari awal kami dengan 1 Gbps hingga menjadi salah satu ISP pertama dengan produk multi-gig yang dapat diakses secara luas dengan 2 Gbps dua tahun lalu, Google Fiber selalu mendorong apa yang dimaksud dengan "cepat" dalam hal layanan internet," kata Amalia. 

Sekarang, Google akan meluncurkan paket internet tambahan yaitu 5 Gbps dan 8 Gbps pada awal 2023 mendatang. Kedua produk ini akan menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang simetris dengan router Wi-Fi 6 atau menggunakan router Anda sendiri. 

Dua paket baru ini akan dihargai untuk penggunaan sehari-hari sebesar 125 dolar AS (Rp1,9 juta)/bulan untuk 5 Gbps dan 150 dolar AS (Rp2,3 juta)/bulan untuk 8 Gbps.

"Di Google Fiber, kami ingin memastikan pelanggan kami siap menghadapi apapun yang terjadi di internet," ujarnya lebih lanjut. 

Sementara 2 Gbps digunakan untuk banyak gamer dan power streamer, perusahaan mengatakan bahwa paket 5 Gbps dan 8 Gbps dirancang untuk pengguna internet seperti seorang profesional kreatif, orang yang bekerja di cloud atau dengan data besar, dan juga rumah tangga dengan kebutuhan internet bersama yang besar.

"5 Gbps akan memudahkan untuk mengunggah dan mengunduh secara bersamaan, berapa pun ukuran filenya. Dan 8 Gbps akan memastikan bahwa semua yang Anda lakukan online terjadi hampir secara real time," tandasnya. 

Sayangnya, Google Fiber belum tersedia di Indonesia. Namun, jika Anda pelanggan Google Fiber di Utah, Kansas City, atau West Des Moines, Anda dapat mencoba produk baru ini paling cepat bulan depan.