<i>Update</i> iOS 15, FaceTime Apple Bisa Lewat Android
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Melalui ajang Worldwide Developer Conference 2021 (WWDC) Apple meluncurkan pembaruan versi pengembang beta iOS 15. Sistem operasi ini nantinya akan meningkatkan kinerja iPhone.

Mengutip Gizchina, Selasa 8 Juni, Apple mengklaim, iOS 15 ini dapat membuat panggilan video FaceTime lebih alami dan tampak nyata. Perusahaan juga meluncurkan pengalaman berbagi SharePlay, dan hadirnya iCloud yang lebih aman.

Selain itu, versi baru FaceTime akan menghadirkan teknologi audio spasial ke panggilan video real-time. Dengan bantuan beberapa mikrofon dan algoritma pemrosesan audio internal, ini bisa membuat panggilan video memiliki efek suara yang lebih realistis.

Sekarang FaceTime juga memiliki “Mode Peningkatan Suara” yang dapat menghindari kebisingan. Apple menggunakan algoritma, sehingga bisa memperoleh suara yang jernih bahkan di lingkungan yang bising.

Tautan panggilan video eksklusif dan dukungan berbagi ke obrolan, kalender, dan email juga didatangkan oleh Apple ke FaceTime. Tautan ini mendukung pembukaan melalui browser komputer di perangkat Android dan Windows.

Lebih lanjut, Apple turut meresmikan peningkatan iCloud ke iCloud+. Peningkatan tersebut erisi perlindungan privasi bagi pengguna yang memperkenalkan fitur baru, seperti alamat email tersembunyi, layanan perluasan video HomeKit, serta layanan privasi online yang inovatif (iCloud Private Relay). Semuanya dapat diaktifkan tanpa biaya tambahan.

Pelanggan iCloud saat ini akan secara otomatis ditingkatkan ke iCloud+. Semua paket iCloud+ dapat dibagikan dengan anggota grup Family Sharing, dan setiap anggota dapat menikmati fitur baru dan paket penyimpanan.

Sebagai informasi, fitur utama iCloud+ yakni pengguna dapat mengambil kata sandi melalui verifikasi bantuan kontak. Selain itu, iCloud juga memungkinkan pengguna untuk mentransfer aset digital mereka ke kerabat atau orang terpercaya.

Tak sampai di situ, Maps juga menerima pembaruan desain untuk menjelajahi dunia dengan cara baru. Aplikasi ini akan menampilkan data dalam mode layar penuh dengan lebih banyak gambar. Sementara aplikasi Wallet, menambahkan dukungan untuk kunci keluarga dan dokumen ID.

Meski Apple berencana akan merilis final iOS 15 pada akhir tahun ini, pengguna sudah dapat mengunduh versi Developer Beta dengan mengakses portal pengembang Apple. Sayangnya, hanya pengguna yang terpilih dapat memilikinya saat ini.