Bukan Barang Baru, Inilah 5 Fitur iOS 17 yang Sudah Ada di Android
Ilustrasi fitur baru yang terpasang di iOS 17 (Foto: Dok. Apple)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apple pada Selasa, 6 Januari 2023 dini hari waktu Indonesia, meluncurkan sistem operasi iOS 17 dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC). Sistem operasi ini dibekali dengan sejumlah fitur baru dan aplikasi anyar, seperti Journal, Stanby Mode, NameDrope, Live Speech, Facetime Voice Mail, dan masih banyak lagi. Hanya saja, banyak fitur iOS 17 yang sudah ada di Android.

Lantas, fitur apa saja yang diadopsi Apple dari Android? Dikutip dari Android Authority, berikut informasi selengkapnya.

Fitur iOS 17 yang Sudah Ada di Android

  1. Standby Mode

Apple menjejalkan fitur Standby Mode dalam sistem operasi iOS 17. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat beragam informasi dan widget penting ketika ponsel berada pada mode layar siaga (standby) dengan posisi horizontal atau landscape.

Fitur Standby Mode akan muncul saat iPhone diletakkan di pengisi daya nirkabel secara landscape. Kendati baru, fitur ini sudah ada di ponsel Google Pixel yang menggunakan OS Android.

Fitur ini bisa membuat pengguna Google Pixel mendapat beragam informasi penting dalam mode standby saat dayanya sedang diisi.

  1. Live Voicemail

Berikutnya, Apple juga menambahkan fitur Voicemail di iOS 17. Fitur ini dapat melakukan transkrip terhadap beragam pesan suara yang masuk.

Fitur ini sama dengan fitur Call Screen yang diperkenalkan Android pada 2019. Fitur Call Screen dibuat untuk mendukung beberapa ponsel Google Pixel, memungkinkan asisten digital Google Assistant menjawab telepon yang masuk secara otomatis dan merekam suara si penelepon untuk merekam pesan kepada orang yang diteleponnya.

Selanjutnya, Call Screen akan melakukan transkrip pesan tersebut, sehingga pengguna yang tak sempat menjawab panggilan ini tahu apakah mereka harus segera membuat panggilan balik atau tidak.

  1. Live Speech

Ini adalah fitur iOS 17 yang dapat merespons panggilan masuk dengan pesan singkat yang berasal dari input suara.

Sama dengan dua fitur sebelumnya, fitur ini juga sudah diadopsi oleh ponsel Android dengan nama Bixby Text Calling pada ponsel Samsung.

Melalui fitur Bixby, pengguna dapat menjawab panggilan yang masuk dan pengguna bisa mengetik respons yang ingin diucapkan untuk kemudian dibacakan oleh suara Bixby.

  1. Assistive Access

Fitur ini dijejalkan Apple di iOS 17 untuk mempermudah navigasi. Keberadaan fitur ini membuat tampilan antarmuka (User Interface/UI) pada layar iPhone dan iPad menjadi lebih sederhana, mudah dijelajahi, dan menyederhanakan aplikasi lainnya, seperti kamera, foto, panggilan dan musik.

Perangkat Android juga mempunyai fitur yang sama dengan sebutan simple atau easy mode. Hanya saja, ini terbatas untuk membesarkan huruf dan ikon di layar.

  1. FaceTime Voicemail

Pengguna iPhone dan iPad yang sudah memasang iOS 17 bisa mengirimkan video FaceTime singkat kepada orang yang akan dihubungi atau tak bisa dihubungi lewat FaceTime.

Nah, perangkat Android ternyata sudah menggunakan fitur ini sejak 2018 silam. Smartphone Android yang memasang Google Duo bisa mengirimkan video singkat untuk meninggalkan pesan kepada orang yang hendak dihubungi.

Demikian informasi tentang fitur iOS 17 yang sudah ada di Android. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.