Bagikan:

JAKARTA – Sistem operasi iOS 18 menjadi sorotan di acara Worldwide  Developers Conference (WWDC) 2024. Ada banyak fitur iOS 18 yang Apple perkenalkan, salah satunya adalah kemampuan merekam panggilan.

Di acara tahunan bagi para pengembang itu, Apple mengungkapkan bahwa iPhone dengan iOS 18 bisa merekam dan menyalin seluruh isi panggilan. Meski pengguna bisa merekam panggilan secara bebas, Apple tetap mengedepankan privasi.

Jika Anda mengaktifkan alat perekam saat menelepon, Apple akan memberi tahu lawan bicara secara otomatis bahwa percakapan mereka sedang direkam. Ketika lawan bicara keberatan dengan rekaman tersebut, mereka bisa mengakhiri panggilan.

Dilansir dari The Verge, alat perekam panggilan akan muncul di bagian tengah layar selama panggilan berlangsung. Fitur ini akan menampilkan ikon gelombang suara, durasi waktu yang direkam, hingga tombol matikan yang bisa diketuk kapan pun.

Menariknya, isi percakapan di dalam rekaman bisa disalin ke dalam bentuk teks. Pengguna bisa memasukkan audio rekaman ke aplikasi Notes dan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) terbaru dari Apple untuk melakukan transkrip dengan cepat.

Fitur transkrip ini terbatas dan tidak bisa mengenali seluruh bahasa. Berdasarkan catatan kaki di halaman pratinjau iOS 18, dijelaskan bahwa transkrip audio hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Jepang, Mandarin, Kanton, dan Portugis.

Ini fitur yang sangat berguna, khususnya bagi para jurnalis yang sering merekam dan menyalin panggilan. Dibandingkan dengan merekam menggunakan perangkat lain dan menyalin secara manual, fitur baru di iOS 18 bisa mengerjakan keduanya.