Ini 5 Pembaruan Aplikasi iOS15 yang Layak untuk Dicoba
Sistem operasi baru di iOS15 menawarkan banyak kemudahan dalam aplikasi baru. (foto: Brett Jordan/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah meluncurkan versi Beta dari iOS, iPadOS, macOS, dan watchOS. Ada beberapa fitur baru yang ditawarkan untuk penggunanya. Versi beta iOS 15 dan iPadOS 15 sudah bisa diunduh dalam beberapa minggu terakhir. 

Terdapat ada beberapa fitur yang cukup menonjol untuk menjadikan iPhone alat produktivitas terbaik. Berikut aplikasi itu:

1. Fokus

iPhone telah memiliki mode "do not disturb (Jangan Ganggu)". Tetapi kini, Apple telah mengambil langkah lebih jauh dengan aplikasi Fokus, yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan orang dan aplikasi mana yang dapat mengganggu atau menyela  dengan pemberitahuan tertentu Pengguna dapat membuat pengaturan khusus untuk waktu kerja atau keluarga atau liburan.

Dalam Fokus pengguna dapat memilih apa yang menarik perhatiannya pada waktu tertentu. Lebih baik lagi, pengguna dapat memilih untuk mengirim balasan ketika seseorang mengirimi pesan untuk memberi tahu mereka tentang statusnya. 

Pengguna juga dapat memilih Layar Utama mana yang akan ditampilkan, sehingga tidak terlalu tergoda untuk membuka Netflix atau YouTube. Fokus akan disinkronkan di semua perangkat  yang  membuatnya lebih mudah pemakaiannya.

2. FaceTime Link

Bagi banyak orang, lebih sering menggunakan Zoom, atau Google Meet, dari pada FaceTime. Pasalnya FaceTime hanya berfungsi jika semua orang menggunakan Mac atau iPhone.

Bahkan tidak ada cara yang baik untuk menjadwalkan panggilan FaceTime untuk memudahkan semua orang bergabung tanpa melalui daftar kontak Anda dan harus menambahkan semua orang secara manual. 

Kini Apple mengubah itu. Di iOS 15, pengguna dapat mengirim undangan ke siapa pun yang diinginkan masuk ke FaceTime. Mereka dapat bergabung hanya dengan mengetuk tautan (link), seperti yang dilakukan oleh setiap layanan lain selama setahun terakhir.

Lebih baik lagi, sekarang kini panggilan FaceTime dapat dilakukan dengan orang yang tidak memiliki Mac atau iPhone. Ketika pengguna Android atau PC Windows mengklik tautan, maka mereka akan membuka FaceTime melalui web dan memungkinkan mereka untuk bergabung dalam panggilan.

3. Berbagi layar

Salah satu kelemahan terbesar Apple jika digunakan untuk rapat terkait pekerjaan, adalah tidak dapat menggunakan layarnya untuk berbagi presentasi atau memandu seseorang melalui demo di perangkatnya. Namun saat ini bisa.

4. Ekstensi Safari

Tahun lalu, Apple menambahkan ekstensi web universal di Safari di Mac, dan sekarang membawanya ke Safari di iOS. Hal ini membuat pengguna yang  terbiasa menggunakan alat seperti 1Password, Pocket, OneTab, atau Grammarly. Sekarang pengguna dapat menggunakan ekstensi yang sama di iPhone,  yang memberikan akses ke alat untuk membantu pengguna merampingkan alur kerja dan menjadi lebih produktif.

5. Teks Langsung (Live Text)

Live Text mungkin adalah fitur baru yang paling menarik di iOS 15. Pengguna dapat menyalin teks hanya dengan mengetuknya di foto. Jika, misalnya mengambil tangkapan layar situs web, pengguna dapat menyalin teks ke dalam catatan itu. Jika pengguna mengambil foto,  maka dapat memilih dan menyalin teks apa pun.

Jika teks itu kebetulan dalam bahasa asing, maka akan memberi opsi untuk menerjemahkannya. Teks Langsung bahkan mengenali tulisan tangan dan dapat mengetahui kapan pengguna ingin mengambil foto nomor telepon, yang memungkinkan pengguna menelepon hanya dengan satu ketukan.