Negara yang Menerapkan SIM Seumur Hidup: Fix Masa Berlakunya Mereka Panjang-Panjang!
Negara yang menerapkan sim seumur hidup ( why kei - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau bicara soal SIM alias Surat Ijin Mengemudi tentunya itu adalah dokumen yang sudah harus dan bersifat wajib dimiliki kita di era masakini. Apalagi di Indonesia sendiri, masa berlaku SIM adalah 5 tahun. Tapi tahukah Anda negara yang menerapkan sim seumur hidup di mana saja?

Sebagian negara sebenarnya telah mempraktikkan peraturan buat masa berlaku SIM untuk masyarakat negaranya. Walaupun tidak secara harfiah melaporkan seumur hidup, tetapi masa berlakunya lumayan panjang bila dibanding dengan SIM di Indonesia.

Kemudian negara mana saja yang membagikan masa berlaku sangat panjang buat SIM?

Negara yang Menerapkan SIM Seumur Hidup

1. Inggris

Jadi salah satu negeri yang membagikan masa berlaku sangat panjang buat dokumen mengemudi untuk warganya, SIM di Inggris mempunyai masa berlaku sampai pemegangnya berusia 70 tahun.

Sistem pembaruan informasi yang diterapkan yakni tiap 10 tahun sekali, dengan pembaruan foto terkini. Lumayan menarik buat dipraktekkan ya? Walaupun demikian bayaran denda yang diterapkan lumayan besar bila warganya lalai dengan pembaruan ini, yaitu nyaris Rp20. 000. 000.

2. Beberapa Negara Bagian di Amerika Serikat

Sebagian negara bagian mempunyai masa berlaku SIM sampai pemegangnya berumur 65 tahun. Perihal ini berlaku di negeri bagian Arizona. Kemudian gimana bila pemegang SIM masih mau berkendara setelah melampaui usia tersebut?

Bila masih mau berkendara, hingga pemilik SIM wajib memperbarui SIM- nya 5 tahun sekali. Berarti diperhatikan sampai umur 65 tahun ini, pemegang SIM wajib melaksanakan pembaharuan foto 12 tahun sekali.

3. Singapura

Di Asia Tenggara pula ada negeri yang memberlakukan SIM sampai umur lumayan senior, 65 tahun. Negeri ini merupakan Singapore. Pemegang SIM di negeri ini tidak butuh memperbarui SIM sampai mereka berumur 65 tahun.

Syarat biasanya cumalah sepanjang 3 tahun sekali wajib dicoba pembaharuan informasi yang dicoba oleh tiap pemegang SIM negeri tersebut.

4. India

Berikutnya merupakan negeri India, yang memberlakukan masa berlaku SIM sampai 15 tahun. Walaupun tidak berlaku selamanya ataupun selama negara- negara sebelumnya, tetapi 15 tahun tetap saja ialah batasan waktu yang lumayan panjang.

Buat melaksanakan pembaruan masa berlaku SIM, pemegang SIM di India pula tidak butuh melangsungkan tes. Cuma syaratnya yakni memasang foto serta alamat terbaru.

Tidak hanya beberapa negeri tersebut masih terdapat negeri semacam Prancis serta Jerman dengan masa berlaku SIM 15 tahun, Italia sepanjang 10 tahun, serta sebagian negeri yang lain.

Jadi setelah mengetahui negara yang menerapkan sim seumur hidup, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!