Bagikan:

JAKARTA – Microsoft Word merupakan salah satu platform serbaguna yang dirancang untuk mempermudah alur kerja. Perangkat lunak yang dirilis sejak tahun 1983 itu bisa membuat dokumen dalam bentuk kata.

Meski aplikasi ini terus dikembangkan setiap tahunnya, dan merupakan salah satu aplikasi wajib di komputer, masih banyak pengguna yang melakukan kesalahan saat memakai aplikasinya. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari.

Menekan Enter untuk Memberi Jarak

Mengutip dari How to Geek, salah satu kesalahan terbesar dalam menggunakan Word adalah menekan tombol Enter di keyboard untuk memisahkan alinea atau paragraf. Padahal, tindakan ini akan menyebabkan masalah pada format.

Anda mungkin akan menyebabkan baris halaman pertama yang tidak sejajar atau kesulitan dalam mengatur font secara keseluruhan. Untuk memberikan jarak antarteks atau paragraf, Anda bisa mengubah pengaturan paragraf.

Pertama, blog seluruh kalimat yang ingin diatur, lalu klik ikon kecil di sudut kanan bawah di grup Paragraf. Setelah itu, masukan jumlah jarak yang diinginkan di bagian Spasi atau menggunakan pengaturan Auto dari Word.

Menggunakan Lebih dari Satu Font

Saat menggunakan Word, Anda bebas memilih font yang diinginkan. Terlebih lagi, Microsoft menghadirkan pilihan yang cukup beragam. Meski pilihannya ada banyak, jangan pernah menggunakan lebih dari satu font di dalam dokumen.

Aturan ini sangat berlaku jika dokumen yang ingin dibuat adalah dokumen formal, seperti untuk keperluan kuliah atau kerja. Menggunakan terlalu banyak font akan mengurangi kredibilitas dan dokumen akan terlihat tidak konsisten.

Menekan Enter untuk Mulai Halaman Baru

Kesalahan terakhir yang harus Anda hindari adalah menggunakan tombol Enter untuk memulai halaman baru. Tindakan ini tetap dilarang meskipun sisa jarak antara halaman sebelumnya dan halaman berikutnya sangat dikit.

Penggunaan paragraf yang terlalu banyak akan membuat halaman menjadi tidak teratur. Cara terbaik untuk memulai halaman baru adalah dengan membuka tab Layout, lalu cari menu Breaks. Setelah itu, pilih Halaman Selanjutnya.