Bagikan:

JAKARTA – Misi pengujian Starliner, pesawat antariksa milik Boeing, berhasil diluncurkan pada 5 Juni. Pesawat yang membawa dua astronot NASA itu telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Untuk membahas keberhasilan misi Starliner yang pertama, astronot Butch Wilmore dan Suni Williams akan berkomunikasi dengan para pejabat NASA dan perwakilan dari Gedung Putih. Panggilan ini diselenggarakan pada Selasa, 11 Juni.

Kedua astronot itu dijadwalkan berpartisipasi dalam dua panggilan. Sesi pertama akan dimulai pukul 00.00 WIB bersama Administrator NASA Bill Nelson, Wakil Administrator Pam Melroy, Administrator Asosiasi Jim Free, dan Direktur Pusat Antariksa Johnson Vanessa Wyche.

Sementara itu, sesi kedua akan dilanjutkan pada pukul 01.40 WIB. Sesi ini akan menghadirkan Chirag Parikh, Wakil Asisten Presiden Joe Biden sekaligus Sekretaris Eksekutif Dewan Luar Angkasa Nasional Gedung Putih, sebagai moderator.

Kedua sesi ini akan disiarkan secara langsung di saluran NASA Plus, NASA Television, serta situs web resmi NASA. NASA Plus dan NASA TV Live bisa diakses melalui browser dengan cara mengetikkan nama salurannya di bilah pencari search engine.

Wilmore dan Williams sudah mendarat di ISS sejak Kamis, 6 Juni sekitar pukul 13.40 waktu setempat. Kedua astronot ini akan tinggal di luar angkasa selama seminggu untuk menguji sub-sistem dari Starliner agar pesawat tersebut mendapatkan sertifikasi.

Lebih jelasnya lagi, kedua astronot NASA ini akan membantu dalam memvalidasi sistem transportasi dari Starliner, mengamati kemampuan operasi Starliner selama di orbit, hingga menguji manuver pendorongnya.