Bagikan:

JAKARTA - Pada 19 Februari, Mumbai, ibukota keuangan India, memperkenalkan inisiatif metaverse untuk memamerkan mega proyek infrastruktur kota yang baru diluncurkan dan yang akan datang.

Inisiatif bernama Mumbai Metropolis Metaverse diluncurkan sebagai platform gratis untuk semua, memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai inisiatif pembangunan di Mumbai dan kota-kota terdekatnya melalui 3D dan realitas virtual (VR).

Mumbai baru-baru ini meresmikan jalan-jalan yang dibangun di atas Laut Arab untuk mengurangi kemacetan, meningkatkan konektivitas, dan mempromosikan udara yang lebih bersih. Kota ini juga memerintahkan beberapa proyek infrastruktur lainnya, termasuk terowongan bawah tanah dan bawah laut untuk perjalanan dalam kota. Aplikasi metaverse Mumbai bertujuan untuk membagikan visi ini kepada pengguna melalui antarmuka pengguna interaktif.

Inisiatif ini diumumkan pada 19 Februari oleh Devendra Fadnavis, wakil ketua menteri Maharashtra, di X, di mana dia mengundang pengguna di seluruh dunia untuk menyaksikan "transformasi" tersebut.

Mumbai Metropolis Metaverse akan membantu warga secara virtual memantau kemajuan mega proyek yang memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Metaverse dapat diakses melalui situs web atau aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Google dan Apple.

Paralel dengan inisiatif metaverse pemerintah negara bagian untuk memamerkan perencanaan perkotaan dan pengembangan, bank sentral India baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengeksplorasi solusi offline untuk meningkatkan adopsi mata uang digital bank sentralnya (CBDC), rupee digital, di daerah-daerah terpencil di negara ini yang memiliki akses internet terbatas.

Selama pertemuan tinjauan Komite Kebijakan Moneter pada 8 Februari, Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Shaktikanta Das mengatakan:

"Dia berencana untuk memperkenalkan fungsionalitas offline di CBDC-R untuk memungkinkan transaksi di daerah dengan koneksi internet yang buruk atau terbatas. Fungsionalitas ini akan secara bertahap diperkenalkan melalui pilot-pilot."

Rencana untuk CBDC offline pertama kali diusulkan pada Maret 2023 ketika Ajay Kumar Choudhary, direktur eksekutif RBI, mengatakan bank sentral sedang mencari untuk menguji potensi CBDC untuk transaksi lintas batas dan keterhubungan dengan sistem-sistem lama.

National Payments Corporation of India (NPCI) — inisiatif yang dipimpin oleh RBI dan 247 perusahaan perbankan India — mulai merekrut untuk teknologi blockchain pada kuartal keempat tahun 2023. Kandidat pada saat itu terutama bertugas untuk mengidentifikasi "jalan-jalan di mana solusi berbasis blockchain dapat digunakan."