Fitur Akses Layar Kunci di Google Keep Belum Siap untuk Diluncurkan
Google Keep belum luncurkan fitur akses layar kunci (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Google Keep, layanan pembuat catatan, terus meningkatkan fiturnya untuk menjadi aplikasi catatan default di Android. Saat ini, Google sedang mengerjakan fitur akses layar kunci.

Fitur ini pertama kali terlihat oleh 9to5google pada Desember tahun lalu. Dengan dibuatnya fitur akses layar kunci, pengguna bisa mengakses Google Keep secara cepat. Nantinya, ikon pembuat catatan akan ditambahkan ke tampilan layar kunci.

Pembaruan ini terlihat di Google Keep versi 5.23, khusus bagi pengguna Android 14 QPR2 Beta 2. Untuk mendapatkan sistem quick access Google Keep, pengguna harus mengaktifkan fitur Lock Screen Notes melalui Pengaturan di dalam aplikasi.

Namun, setelah menunya diaktifkan, fitur akses layar kunci itu belum bisa digunakan. Google akan memberikan pesan yang bertuliskan, “Untuk membuat catatan dengan Google Keep, unduh versi terbaru dari Play Store.”

Pesan itu akan tetap terlihat meski pengguna sudah memperbarui Google Keep di perangkat mereka. Hal ini terjadi karena fitur akses layar kunci masih dikembangkan oleh Google dan belum siap untuk ditambahkan ke dalam aplikasi.

Sayangnya, fitur tersebut masih belum ditambahkan di pembaruan berikutnya. Google telah merilis versi 5.24 dan fiturnya masih belum tersedia. Perusahaan itu mengatakan bahwa fiturnya segera hadir, tetapi mereka tidak memperjelas waktu peluncurannya.

Untuk saat ini, para pengembang yang menggunakan Android 14 QPR2 Beta masih harus menunggu untuk menggunakan fitur akses layar kunci. Meski pengguna Android beta harus menunggu lama, pengguna biasa mungkin bisa langsung merasakan fiturnya setelah Android 14 diluncurkan.