Google Resmi Luncurkan Android 14, Berikan Lebih Banyak Kontrol bagi Pengguna
Fitur baru untuk Android 14 (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu Google meluncurkan Android 13 dengan fitur baru seperti Spatial Audio, streaming aplikasi perpesanan, dan banyak lagi. Sekarang, Google resmi meluncurkan Android 14, selama acara Made By Google di New York City.

Berdasarkan pengumumannya, raksasa penelusuran itu mengatakan bahwa pembaruan Android 14 ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas kesehatan dan keselamatan mereka dan meningkatkan aksesibilitas perangkatnya.

Lebih banyak cara untuk mengekspresikan diri

Pembaruan customization picker di Android 14 dirancang untuk membuatnya lebih mudah untuk beralih di antara wallpaper dan dengan cepat membuat perubahan pada apa yang ingin Anda lihat sekilas.

"Anda sekarang dapat mengatur pintasan layar kunci khusus, seperti pembaca QR atau aplikasi Google Home, sehingga Anda memiliki cepat, akses satu ketukan ke kontrol yang paling sering Anda gunakan langsung dari layar kunci Android Anda," kata Dave Burke, Wakil Presiden bidang Teknik, Android.

Selain itu, pengguna memiliki opsi untuk bisa memilih satu set templat layar kunci baru untuk font, widget, warna, dan format. Google mencatat bahwa templat menggunakan AI untuk membuat perubahan berdasarkan situasi Anda. 

Misalnya, jika area tempat Anda akan mengalami cuaca buruk, layar kunci Anda akan membuat widget cuaca Anda lebih menonjol.

Android 14 mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR, yang membantu foto Anda terlihat terbaik dengan menghadirkan warna-warna cerah, sorotan yang lebih cerah, dan bayangan yang lebih gelap.

Lebih banyak kontrol atas kesehatan, keamanan, dan data

Google juga menghadirkan Health Connect ke pengaturan perangkat Anda, sebagai cara utama untuk menyimpan semua data Anda di satu tempat dan tetap mengendalikan privasi Anda.

Dengan pembaruan berbagi data baru di Android 14, ketika Anda diminta untuk memberikan izin aplikasi ke informasi seperti lokasi Anda, Anda akan diberi tahu ketika aplikasi berbagi data lokasi dengan pihak ketiga dan dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang apakah atau tidak memberikan akses.

Android 14 juga meningkatkan keamanan PIN dengan mendorong Anda untuk menetapkan PIN enam digit. Setelah mengetikkan PIN 6 digit, Anda tidak perlu menekan enter lagi karena perangkat Anda akan secara otomatis membuka kunci.

Sekarang, Android 14 mulai diluncurkan ke perangkat Pixel yang didukung, dan akan datang ke Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo dan Xiaomi perangkat akhir tahun ini.