Google Luncurkan <i>Smartphone</i> Pixel 8 dan <i>Smartwatch AI</i> Terbaru
Google, pada Rabu 4 Oktober meluncurkan smartphone Pixel 8 dan smartwatch baru (foto: twitter @sundarpichai)

Bagikan:

JAKARTA - Google, anak perusahaan dari Alphabet, pada Rabu 4 Oktober meluncurkan smartphone Pixel 8 dan smartwatch baru yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) lebih dalam, ke dalam produk konsumen utama perusahaan.

Pembaruan pada ponsel Pixel - yang populer di kalangan penggemar fotografi dan konsumen yang lebih suka pengalaman Android murni - dapat membuatnya lebih menarik bagi pembeli yang merencanakan pembelian selama musim liburan.

Google memperkuat lini produk Pixel dengan prosesor mobile terbarunya, Tensor G3, yang membawa beberapa model pembelajaran mesin dan AI generatif secara native pada perangkat tersebut.

Hal ini akan membantu pengguna mengakses fitur AI baru seperti untuk fotografi, merangkum halaman web, dan memblokir panggilan spam, kata para eksekutif dalam acara Made by Google pada Rabu.

Pixel 8 dimulai dari 699 dolar AS (Rp10 juta) dan Pixel 8 Pro dimulai dari 999 dolar AS (15,5 juta)- naik 100 dolar AS (Rp1,56 juta) dari model generasi sebelumnya. Mereka akan tersedia mulai tanggal 12 Oktober.

"Google jelas berfokus pada menyampaikan pesan AI mobile dalam acara hari ini dan kehadiran AI pada perangkat akan menjadi topik besar untuk industri ke depan," kata analis IDC. Ryan Reith, dikutip Reuters.

"Jika didukung dengan pemasaran yang kuat, Google bisa meningkatkan pangsa pasar lebih tinggi dengan lini produk ini, terutama di Amerika Serikat," tambahnya. 

Google juga mengumumkan rencana untuk menambahkan kemampuan kecerdasan buatan generatif ke asisten virtualnya, yang memungkinkannya untuk melakukan hal-hal seperti membantu orang merencanakan perjalanan atau mengejar email dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan.

Perusahaan ini meluncurkan Google Watch 2, peningkatan dari smartwatch pertamanya yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu, dengan harga mulai dari 349 dolar AS (Rp5,4 juta). Ini dilengkapi dengan digital crown dan fitur pelacakan kesehatan canggih yang didukung oleh AI.