Bagikan:

JAKARTA - Google biasanya mengungkapkan smartphone Pixel baru pada musim gugur, tetapi tahun ini tampaknya mereka tidak ingin membuang waktu untuk mendahului pesaing.

Raksasa teknologi ini telah mengonfirmasi bahwa acara tahunan 'Made by Google' akan berlangsung pada 13 Agustus, di mana mereka akan menampilkan perangkat AI dan perangkat lunak baru.

Diperkirakan Google akan mengumumkan smartphone terbaru dalam lini Pixel, yaitu Pixel 9, yang mungkin dilengkapi dengan berbagai fitur AI baru untuk bersaing dengan Apple.

Video teaser singkat menampilkan branding Google Pixel dan angka sembilan dalam angka Romawi – yang merujuk pada ponsel kesembilan dalam seri ini.

Penggemar yang mendaftar untuk pembaruan Google juga menerima email dari raksasa teknologi ini yang memberi tahu mereka untuk menandai tanggal di kalender mereka.

Video tersebut, berjudul 'AI... meet IX at Made by Google', mengonfirmasi tanggal acara dalam angka Romawi – VIII-XIII-MMXXIV, atau 13 Agustus 2024.

Google telah mengisi ponselnya dengan fitur AI selama bertahun-tahun, tetapi ini bisa menjadi lebih ditingkatkan setelah kesuksesan ChatGPT dan pengumuman besar AI dari Apple bulan ini.

Rumor menunjukkan bahwa ponsel Pixel 9 akan memiliki asisten bertenaga AI baru yang disebut Pixie, yang akan mirip dengan versi baru Siri yang didukung ChatGPT yang akan hadir di iPhone.

Pixel 9 juga mungkin menawarkan desain yang lebih datar dengan kamera belakang yang tebal, menurut render yang bocor ke 91Mobiles.

Batang kamera yang didesain ulang tampaknya menjadi 'pulau' berbentuk pil yang lebih kecil daripada memanjang di seluruh ponsel seperti pada Pixel 8 tahun lalu.

Google biasanya merilis Pixel standar dan model 'Pro' yang lebih mahal, tetapi ada juga kemungkinan versi 'Pro XL' ketiga dengan layar yang lebih besar dan baterai yang lebih besar.

Adapun harga, Pixel 8 dimulai dari  699 dolar AS (Rp11,4 juta) dan Pixel 8 Pro dari  999 dolar AS (Rp16,3 juta), tetapi sayangnya bagi penggemar Pixel, lini baru ini mungkin mengalami kenaikan harga.

Biasanya, Made by Google berlangsung pada awal Oktober dan ponsel Pixel baru yang diungkapkan pada acara tersebut mulai dijual sekitar seminggu kemudian.

Namun, Google mengadakan acara Made by Google tahun ini hampir dua bulan lebih awal dari biasanya, pada 13 Agustus – dengan tanggal rilis yang mungkin di akhir bulan.

Tidak jelas mengapa perubahan ini dilakukan, meskipun perusahaan mungkin ingin mendahului Apple dalam kalender, yang mengadakan acara iPhone pada bulan September.

Kebocoran menunjukkan bahwa iPhone berikutnya dari Apple, iPhone 16, akan memiliki tombol baru, lensa kamera yang ditata ulang, dan bezel yang lebih tipis.