Bagikan:

JAKARTA - Pada 6 Oktober 2024, sumber terpercaya mengungkapkan bahwa fitur-fitur kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence akan diluncurkan sebagai bagian dari pembaruan iOS 18.1 pada 28 Oktober 2024.

Pembaruan ini akan menghadirkan beberapa alat AI canggih, termasuk alat penulisan, penghapusan objek di foto, dan beberapa fitur lainnya. Namun, untuk fitur AI yang lebih maju, seperti Siri yang diperbarui, pengguna harus menunggu hingga Maret 2025.

Apple sebelumnya mengumumkan iPhone 16 pada bulan lalu, namun fitur Apple Intelligence yang diantisipasi tidak langsung tersedia saat peluncuran. Kini, wartawan Bloomberg, Mark Gurman, dalam buletin Power On miliknya, mengonfirmasi tanggal peluncuran fitur AI ini.

Menurut sumber Gurman, Apple sengaja menunda peluncuran untuk memastikan semua bug diperbaiki dan server cloud siap menampung lonjakan trafik pengguna.

Pada rilis awal ini, pengguna iOS 18.1 akan dapat mengakses alat-alat seperti penulisan ulang, proofreading, peringkasan, pencarian berbasis bahasa alami untuk foto, dan fitur Clean Up untuk menghapus objek di foto. Selain itu, pengguna akan bisa membuat video dari memori foto mereka hanya dengan sebuah prompt.

Apple telah menyatakan bahwa fitur-fitur AI tambahan akan diluncurkan secara bertahap di akhir 2024 dan beberapa bulan berikutnya. Pembaruan iOS 18.2 diharapkan akan menghadirkan fitur Genmoji dan integrasi dengan ChatGPT, sementara pembaruan iOS 18.4 pada Maret 2025 akan memperkenalkan versi Siri yang ditingkatkan dengan kemampuan AI lebih canggih.

Meskipun peluncuran Apple Intelligence masih terbatas pada beberapa fitur awal, Apple kini sedang berupaya mengejar ketertinggalannya dari Google dan Samsung, yang telah meluncurkan Galaxy S24 dan Pixel 9 dengan kemampuan AI sejak awal