Bagikan:

JAKARTA – Blue Origin, perusahaan antariksa asal AS, akan meluncurkan pesawat New Shepard kedua yang bisa dinaiki manusia pada 7 Oktober pukul 20.00 WIB. Pesawat ini akan diterbangkan melalui misi NS-27.

Seperti biasa, Blue Origin akan menayangkan proses peluncurannya di webcast atau siaran web perusahaan. Siaran langsungnya akan dibuka sekitar 15 menit sebelum roket dan pesawat lepas landas hingga peluncuran selesai dilakukan. 

"(Kami) akan memulai debut kendaraan kedua kami yang dapat dioperasikan manusia, yang memungkinkan perluasan kapasitas penerbangan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat," ungkap Blue Origin. 

Kapsul dari wahana pengangkut manusia kedua ini diberi nama RSS Kármán Line. Menurut penjelasan Blue Origin, kapsul ini dilengkapi teknologi yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja mesin dan penggunaan kembali. Tampilan dari pesawatnya juga diperbarui.

Selain membawa RSS Kármán Line, misi NS-27 juga menerbangkan 12 muatan yang terdiri dari dua sensor LIDAR untuk program Lunar Permanence, sensor operasi broadband jarak dekat, dan beberapa muatan komersial. 

Dari seluruh muatan ini, lima muatan ditempatkan di bagian pendorong, sedangkan sisanya berada di bagian dalam kapsul untuk awak pesawat. Misi ini juga membawa puluhan ribu kartu pos yang dirancang oleh siswa atas nama Club for the Future. 

Organisasi ini merupakan lembaga nirlaba dari Blue Origin yang fokus pada pendidikan Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika (STEAM). Organisasi ini telah melibatkan lebih dari 40 juta siswa di seluruh dunia sejak didirikan pada tahun 2019.