Bagikan:

JAKARTA – Google menambahkan kemampuan baru di aplikasi chatbot buatannya. Mulai Rabu, 17 Juli, Gemini bisa diaktifkan di layar ponsel yang terkunci dan bisa menjawab beberapa pertanyaan.

Sejauh ini, Gemini bisa menjawab pertanyaan dan melakukan beberapa perintah sederhana seperti Google Assistant. Namun, pengguna harus membuka layar kunci ponsel mereka agar model bahasa besar (LLM) itu bisa memberikan respons.

Dengan adanya pembaruan ini, pengguna bisa mengaktifkan Gemini tanpa perlu membuka layar kunci atau memegang ponsel. Hanya dengan mengucapkan "Oke, Google", perangkat yang awalnya terkunci akan langsung menampilkan jendela Gemini.

Google mengatakan bahwa Gemini bisa diaktifkan secara hands-free jika setelan Gemini di layar kunci sudah aktif. Pengguna hanya perlu membuka pengaturan Gemini di setelan Google, klik menu Gemini on Lock Screen, lalu ketuk toggle button-nya.

"Jika setelan Asisten Google di layar kunci Anda aktif di setelan Gemini, Anda juga bisa mendapatkan bantuan Gemini dengan voice action singkat yang didukung oleh Asisten Google saat perangkat Anda terkunci," kata Google.

Selama layar terkunci, Gemini bisa digunakan untuk menyetel, menghentikan, atau menunda alarm, menyetel dan menghentikan timer, mengontrol media yang aktif, serta mengontrol fitur yang ada di ponsel seperti mengubah volume.

"Aplikasi seluler Gemini Anda tidak dapat melakukan beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh Asisten Google di layar kunci saat menjadi asisten aktif utama Anda," jelas Google. "Dalam kasus ini, Anda harus membuka kunci ponsel Anda."

Fitur Gemini di Layar hanya diluncurkan untuk perangkat Android dan seluruh pengguna sudah bisa menggunakan fiturnya. Belum diketahui kapan Google akan memperluas fitur ini ke iOS.