Bagikan:

JAKARTA – Setelah menambahkan dukungan Markdown di Google Docs pada tahun 2022, Google terus meningkatkan fitur tersebut. Baru-baru ini, Google telah merilis Markdown baru yang banyak diminta pengguna.

Markdown merupakan markup ringan untuk mengubah teks biasa atau memformat teks tertentu. Sederhananya, Markdown bisa menambahkan elemen heading, bold, italic, atau elemen lainnya hanya dengan memasukkan simbol di keyboard.

Ada empat kemampuan baru yang Google luncurkan pada Selasa, 16 Juli lalu. Perusahaan itu mengatakan bahwa dukungan Markdown terbaru yang ditambahkan ke dalam Google Docs dapat meningkatkan kemampuan interoperabilitas.

Selain itu, beberapa fitur baru ini akan meningkatkan user experience karena mempermudah alur kerja penggunanya. Kemampuan pertama yang mereka luncurkan adalah mengubah Markdown menjadi konten Docs dengan paste atau tempel.

Selain itu, ada kemampuan menyalin konten Docs sebagai Markdown, mengekspor Docs sebagai Markdown, dan mengimpor Markdown sebagai Docs. Dukungan ini diluncurkan secara khusus untuk para penulis konten teknis.

"Mereka kini dapat mengonversi konten Docs ke/dari Markdown. Misalnya, pengembang dapat berkolaborasi pada dokumentasi perangkat lunak di Docs lalu mengekspornya sebagai Markdown untuk digunakan di alat pendukung Markdown lainnya," jelas Google.

Fitur mengimpor dan mengekspor Docs melalui Markdown akan aktif secara default, sedangkan fitur Salin sebagai Markdown dan Tempel dari Markdown akan dinonaktifkan saat dirilis. Untuk mengaktifkan fiturnya, pengguna hanya perlu membuka menu Preferensi di bagian Alat, lalu ketuk Aktifkan Markdown.