Bagikan:

JAKARTA – Salah satu aplikasi hiburan di Quest, headset realitas virtual (VR) buatan Meta, akan berkurang. Pasalnya, aplikasi Netflix di perangkat tersebut telah dihapus atau ditarik oleh pihak perusahaan.

Dilansir dari Upload VR, aplikasi Netflix baru dihapus dari toko aplikasi Quest pada Rabu, 17 Juli. Meski telah dihapus, aplikasi yang sudah terinstal akan tetap tersimpan di dalam perangkat. Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan.

Saat aplikasinya dibuka, pengguna akan melihat pesan kesalahan ketika memutar salah satu video. Dengan kata lain, aplikasi ini sudah tidak berguna dan pengguna perlu menghapusnya agar tidak memenuhi memori penyimpanan.

Bagi pengguna Quest yang ingin menonton film atau serial di Netflix, mereka bisa melakukan streaming melalui browser. Pengguna bisa menonton tayangan apa pun dengan resolusi tertinggi yang ditawarkan, yaitu 1080p.

Selain itu, pengguna juga bisa menonton Netflix melalui mode passthrough atau lingkungan rumah virtual. Selama menonton film atau serial Netflix melalui browser, pengguna juga bisa membuka jendela lainnya.

Sebenarnya, situs web Netflix jauh lebih baik dibandingkan dengan versi aplikasi untuk headset Quest. Meski menampilkan lingkungan kabin yang nyaman, aplikasi Netflix tidak mengalami perubahan sejak di-porting dari Oculus Go.

Aplikasi Netflix hanya menawarkan resolusi 480p dan tidak mendukung pengunduhan. Alih-alih memperbarui aplikasinya dan menyediakan lebih banyak fitur, Netflix memilih untuk menghapusnya dan meningkatkan versi peramban webnya.