Bagikan:

 

JAKARTA - Meta Quest, headset realitas virtual (VR) buatan Meta, dirancang untuk perangkat Android sejak pertama kali diluncurkan. Sekarang, Meta berencana menghadirkan dukungan Quest di iOS.

Rencana ini terungkap setelah salah satu pengguna platform X, Joel Basson, mengeluhkan fitur yang minim di Quest. Perangkat tersebut juga tidak mendukung aplikasi hiburan seperti Netflix, Disney+, dan Prime Video.

Kekurangan ini masih bisa tertutupi dengan fitur Cast atau Transmisi ke perangkat dengan sistem operasi (OS) Android. Sayangnya, Quest tidak mendukung fitur AirPlay sehingga pengguna iOS tidak bisa melakukan sistem mirroring.

Menurut Basson, akan lebih baik jika Meta menambahkan dukungan AirPlay ke dalam Quest. Dengan fitur tersebut, jam terbang Meta akan jauh lebih baik dan perangkatnya bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Wakil Presiden VR Meta, Mark Rabkin, merespon cuitan Basson. Rabkin mengatakan bahwa Meta sangat ingin menambahkan dukungan AirPlay dan mereka sedang menunggu izin. “Kami meminta izin Apple agar Quest menjadi penerima AirPlay.”

Ini merupakan langkah yang bagus karena Apple telah meluncurkan Vision Pro pada awal bulan Februari. Jika Meta berhasil menambahkan dukungan AirPlay ke dalam Quest, perangkat itu bisa selangkah lebih maju dari Vision Pro.

Namun, penambahkan AirPlay ke dalam Quest ini mungkin tidak mudah. Apple mungkin mempertimbangkan kerugian yang akan mereka dapatkan jika memenuhi permintaan Meta, salah satunya kehilangan pelanggan untuk Vision Pro.