Sederet Fitur Baru Headset Meta Quest, Pelacakan Tangan Kini Lebih Bisa Dikontrol
Meta meluncurkan sederet fitur baru dalam v56 untuk pengalaman Virtual Reality (VR) lebih baik di headset Quest (foto: dok. meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta meluncurkan sederet fitur baru dalam v56 untuk pengalaman Virtual Reality (VR) lebih baik di headset Quest, termasuk peningkatan pelacakan tangan, cara baru untuk bergabung di Meta Horizon Worlds dan banyak lagi.

Fitur Pelacakan Tangan 2.2 Meta, yang berfokus pada respons tangan, sekarang membawa pengalaman lebih dekat ke pengontrol.

Pembaruan termasuk pengurangan latensi hingga 40 persen dalam penggunaan biasa dan hingga 75 persen selama pergerakan cepat. Peningkatan tambahan pun dihadirkan untuk membuat gim yang bergerak cepat menjadi lebih responsif.

Untuk menjajalnya, Meta meminta pengguna mencoba aplikasi demo Move Fast yang baru atau berolahraga dengan Litesport dan VR Workout.

"Kami mengharapkan lebih banyak peningkatan yang akan datang saat kami meluncurkan Quest 3 akhir tahun ini, memberikan pengalaman interaksi yang imersif," ujar Meta dalam pengumuman fitur baru di laman resminya, Jumat, 21 Juli.

Meta juga meluncurkan eksperimen untuk membantu orang berbagi pengalaman VR dengan teman secara waktu nyata melalui streaming langsung ke Facebook sambil memainkan gim favorit.

Cukup tambahkan akun Facebook ke Pusat Akun yang sama dengan akun Meta. Selain itu, fitur streaming langsung ke Facebook turut didesain ulang.

Hal ini agar dapat digunakan lebih mudah dengan video berkualitas tinggi dan akses terus-menerus ke panel obrolan langsung, sehingga pengguna dapat tetap berhubungan dengan teman-teman mereka. Fitur itu akan diluncurkan secara bertahap.

Sekarang, saat pengguna memulai panggilan, utas obrolan akan dibuat secara otomatis dengan semua anggota yang diundang ke panggilan tersebut. Pengguna juga dapat memulai panggilan dari utas obrolan 1:1 atau grup, dan semua anggota utas tersebut diundang ke panggilannya.

"Perubahan ini memungkinkan Anda dengan mudah mengundang teman untuk bepergian bersama Anda ke aplikasi atau dunia. Kami telah membuat Undangan mudah diakses di kartu profil dan di utas obrolan sehingga Anda dapat masuk ke dalam game lebih cepat," ungkap Meta.

Perusahaan juga menambahkan teks otomatis untuk orang yang sulit mendengar atau komunitas Tuli. Untuk saat ini, teks otomatis akan tersedia di Meta Quest TV, Jelajahi, dan in-headset Meta Quest Store.

Lainnya, pengguna saat ini dapat mempersonalisasi konfigurasi tombol pengontrol, termasuk menukar tombol, membuat tata letak khusus, dan menyesuaikan pengaturan pengontrol mereka. Fitur baru itu bisa ditemukan di Pengaturan klik Aksesibilitas dan pilih Mobilitas.

Selanjutnya, Meta turut memperkenalkan daya otomatis untuk memperbarui aplikasi. Jadi, ketika Quest sedang diisi dayanya, headset akan secara otomatis menyala dan melakukan pembaruan aplikasi, OS serta pencadangan awan tanpa hambatan dengan pemberitahuan status, sehingga pengguna dapat kembali beraksi dalam dunia VR mereka.

Sakelar baru juga ditambahkan pada Pengaturan Eksperimental untuk mengaktifkan peredupan lokal di seluruh sistem di Quest Pro.

Saat pengaturan dinonaktifkan secara default, pengguna dapat mengaktifkan peredupan lokal di semua aplikasi tertentu, tergantung pengembang. Mereka yang mengaktifkan tema redup akan melihat peningkatan kontras warna, terutama dalam pemandangan gelap.