Meta Quest 2 dan Pro Kini Bisa Digunakan Sambil Berbaring
Tampilan Pengaturan mode Berbaring di Quest (foto: dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA – Meta mengumumkan bahwa headset virtual reality (VR) mereka, Meta Quest, kini mendukung mode Berbaring. Dukungan ini muncul setelah Meta meluncurkan pembaruan versi 63.

Mode Berbaring ini hanya tersedia di Meta Quest 2 dan Quest Pro. Dengan diluncurkannya mode tersebut, seluruh pengguna bisa memainkan perangkat mereka sembari berbaring di kasur, kursi, atau sofa.

"Dengan v63 kami meresmikannya, meluncurkan pengaturan baru yang memudahkan Anda bersantai sembari menggunakan headset Meta Quest 2 atau Pro Anda dengan nyaman," tulis Meta di halaman Quest pada Rabu, 6 Maret.

Dukungan aksesibilitas ini pertama kali terlihat di pratinjau publik versi 53 pada awal tahun lalu. Namun, setelah pembaruan tersebut diluncurkan ke seluruh pengguna, mode Berbaring itu menghilang. Sepertinya, fitur tersebut masih harus dikembangkan.

Pada akhir Januari lalu, salah satu pengguna bertanya mengenai kapan kembalinya fitur tersebut ke dalam sistem operasi (OS) Quest. Pertanyaan ini mendapatkan respons dari Vice President of Virtual Reality Meta, Mark Rabkin.

Eksekutif Meta itu mengatakan bahwa, "Ini akan muncul kembali, kami sedang mengeksplorasi cara membuat mode pelacakan khusus ini kuat atau sederhana." Sesuai janji Rabkin, mode Berbaring ini diluncurkan dalam versi yang lebih stabil.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuka tab Pengaturan Eksperimental dan cari menu Gunakan Aplikasi Sambil Berbaring. Setelah menu tersebut diaktifkan, pengguna sudah bisa menggunakan Meta Quest sambil berbaring.