Meta Tidak Akan Berikan Pembaruan Fitur di Headset VR Meta Quest 1
Meta akan akhiri dukungan terhadap Meta Quest 1 (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Meta telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan segera mengakhiri dukungan terhadap headset VR pertamanya, Meta Quest 1 yang sudah berumur empat tahun. 

Dalam sebuah pengumuman yang dikirim perusahaan dalam sebuah email kepada pemilik, Meta Quest akan kehilangan akses ke Meta Horizon Home pada 5 Maret 2023.

"Kami meluncurkan Quest 1 lebih dari empat tahun lalu dan kami berterima kasih kepada komunitas Quest 1 karena mendorong VR ke depan," tulis email tersebut, berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh pengguna di Twitter. 

Ketika sampai pada akhir dukungan, Meta memperjelas bahwa perusahaan hanya akan menghentikan pengembangan fitur baru untuk headset lama. Sebaliknya, Meta Quest asli masih dijadwalkan untuk mendapatkan pembaruan keamanan setidaknya hingga 2024. 

Perlu diingat bahwa mengakhiri dukungan bukan berarti headset VR Anda tidak dapat digunakan lagi, melainkan Meta hanya tidak akan memberikan pembaruan fitur ke perangkat tersebut.

Anda masih dapat menggunakan headset Quest 1 dan aplikasi yang tersedia. Meta tidak akan mengirimkan fitur baru ke Quest 1 dan berencana untuk terus memelihara perangkat lunak sistem dengan perbaikan bug kritis dan tambalan keamanan hingga tahun 2024.

Pengguna Quest 1 tidak lagi dapat membuat atau bergabung dengan party, dan bagi pengguna yang saat ini memiliki akses ke fitur sosial Meta Horizon Home akan kehilangan akses ke fitur ini pada tanggal 5 Maret 2023. 

Artinya, Anda tidak akan dapat lagi mengundang orang lain ke Rumah Anda atau sebaliknya, yaitu ketika Anda ingin mengunjungi Rumah orang lain.

Sementara Meta Quest asli melihat akhir hidupnya, dukungan untuk Meta Quest 2 yang sangat populer masih kuat. Namun, kemungkinan besar kita akan melihat dukungan untuk Meta Quest 2 juga mulai mereda pada tahun 2024, terutama setelah Meta Quest 3 akan segera diluncurkan.