Microsoft Akuisisi Fungible untuk Mempercepat Inovasi Pusat Data
Microsoft umumkan akuisisinya terhadap Fungible (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akhirnya mengonfirmasi sebuah laporan pada bulan Desember lalu yang mengatakan bahwa mereka mengakuisisi Fungible, startup penyedia infrastruktur perangkat keras pusat data yang dikenal sebagai unit pemrosesan data (DPU).

"Hari ini, Microsoft mengumumkan akuisisi Fungible Inc., penyedia infrastruktur yang dapat disusun yang ditujukan untuk mempercepat kinerja jaringan dan penyimpanan di pusat data dengan unit pemrosesan data (DPU) berefisiensi tinggi dan berdaya rendah," tulis Girish Bablani, Wakil Presiden Perusahaan, Azure Core dalam blognya pada Senin, 9 januari.

Menurut raksasa teknologi itu, teknologi Fungible dapat membantu mereka mengaktifkan infrastruktur pusat data berkinerja tinggi, dapat diskalakan, terpilah, dan juga dapat diskalakan dengan keandalan dan keamanan.

Dengan adanya akuisisi ini, tim Fungible akan bergabung dengan tim rekayasa infrastruktur pusat data Microsoft dan akan berfokus pada penyediaan berbagai solusi DPU, inovasi jaringan, dan kemajuan sistem perangkat keras.

Microsoft tidak menyebutkan berapa jumlah yang mereka keluarkan untuk mengakuisisi Fungible, namun melansir pada laporan bulan Desember lalu via TechCrunch, Microsoft berhasil membeli Fungible dengan nilai 190 juta dolar AS atau Rp2.96 triliun.

"Pengumuman hari ini lebih lanjut menandakan komitmen Microsoft untuk investasi terdiferensiasi jangka panjang dalam infrastruktur pusat data kami, yang meningkatkan jangkauan luas teknologi dan penawaran kami termasuk pembongkaran, meningkatkan latensi, meningkatkan kepadatan server pusat data, mengoptimalkan efisiensi energi, dan mengurangi biaya," tutup Microsoft.