Microsoft Corp., Berniat Investasi ke Gatik untuk Pengembangan Truk Otonom
Truk otonom Gatik akan dapatkan investasi dari Microsoft. (foto: dok. gatik)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp sedang melakukan pembicaraan lanjutan untuk berinvestasi di Gatik, startup penggerak otonom yang berbasis di California. Menurut dua sumber kepada Reuters, ini menjadi bagian dari kemitraan cloud dengan perusahaan tersebut.

Microsoft berencana untuk menginvestasikan lebih dari 10 juta dolar AS (Rp155 miliar) dalam putaran pembiayaan yang menghargai Gatik lebih dari 700 juta dolar AS (Rp 10,8 triliun), tambah sumber tersebut. Sebagai bagian dari kesepakatan, Gatik akan menggunakan platform cloud dan edge computing Microsoft Azure dalam mengembangkan teknologi pengiriman otonom untuk truk.

Namun Ketentuan kesepakatan itu masih bisa berubah, tambah sumber tersebut. Sementara Microsoft dan Gatik menolak berkomentar tentang bocoran itu.

Seperti perusahaan teknologi besar lainnya, Microsoft baru-baru ini terus menginvestasikan uangnya ke dalam teknologi self-driving. Pada Januari 2021, Microsoft berinvestasi di Cruise milik General Motors, yang berfokus pada robotaxis, dalam kesepakatan yang menghargai perusahaan tersebut sebesar 30 miliar dolar AS.

Cruise sendiri berencana untuk menggunakan Azure untuk meningkatkan solusi kendaraan otonomnya untuk penggunaan komersial, dan bersaing dengan Waymo dari Alphabet dan Zoox dari Amazon.

Teknologi penggerak otonom dipandang sebagai revolusioner bagi industri transportasi dan logistik, tetapi telah menghadapi kemunduran karena masalah peraturan tentang keselamatan dan pendanaan yang kurang dapat diakses di pasar yang melambat.

Pada November lalu, Ford dan Volkswagen menutup unit teknologi self-driving mereka, Argo AI, mengatakan bahwa menciptakan "robotaxis" self-driving akan "lebih sulit daripada menempatkan manusia di bulan."

Gatik, startup yang didirikan pada tahun 2017 oleh veteran industri Gautam Narang dan Arjun Narang, kini berfokus pada pengiriman logistik bisnis-ke-bisnis jarak menengah untuk industri ritel.

Sejak 2021, Gatik telah meluncurkan layanan pengiriman komersial tanpa pengemudi dengan Walmart Inc dan Loblaw Companies Ltd, di mana Gatik menawarkan pengiriman jarak pendek dengan truk boks di Arkansas dan di Ontario, Kanada.

Mereka telah mengumpulkan lebih dari 120 juta dolar AS (Rp 1,8 triliun) dari investor termasuk Koch Disruptive Technologies, Innovation Endeavours, Goodyear Ventures dan RyderVentures.

Pada kuartal pertama tahun ini, Gatik berencana untuk mengintegrasikan truk boks otonom kelas 6 ke dalam jaringan logistik e-commerce Pitney Bowes di Dallas, Texas, yang bertujuan untuk meningkatkan pengiriman dan mengurangi biaya logistik.