Transaksi Harian Fantom (FTM) Meroket, Ini Buktinya!
Fantom Foundation umumkan pertumbuhan transaksi dalam jaringan Fantom. (Foto; Dok. Kripto Gurusu)

Bagikan:

JAKARTA – Yayasan di balik pengembangan FTM, Fantom Foundation, baru-baru ini melaporkan pertumbuhan signifikan transaksi harian di blockchain Fantom selama tahun 2022.

Menurut postingan blog resmi Fantom Foundation, transaksi di jaringan Fantom tembus 500 ribu hingga 1 jutaan per hari. Ini merupakan hal yang positif bagi perkembangan Fantom yang digadang-gadang sebagai pesaing Ethereum.

"Sepanjang tahun 2022, jaringan Fantom rata-rata sekitar 500 ribu - 1 juta transaksi harian, yang merupakan perbedaan yang sangat besar dan konsisten dibandingkan dengan tahun 2021," tulis pihak Fantom Foundation.

Pengumuman itu juga menunjukkan pertumbuhan yang sehat pada aplikasi terdesentralisasi (DApps) di jaringan Fantom.

"Pada tahun 2022, kami melihat banyak DApps dan proyek menarik diluncurkan di Fantom. Aplikasi seperti, 1inch, Premia, dan UniDex memberdayakan pengguna untuk mengendalikan keuangan mereka dengan cara mandiri, apakah itu melakukan swap sederhana atau memanfaatkan derivatif. Dan dengan berbagai perangkat lunak pajak kripto yang tersedia, pengguna sekarang dapat melakukan outsourcing pelaporan pajak yang membosankan dari perdagangan ini ke Kalkulator Pajak Kripto, Blockpit, dan ZenLedger," tambah pengumuman tersebut.

Selain itu, pihak Fantom Foundation telah menyetujui proposal tata kelola untuk mengurangi inflasi koin FTM. Tidak berhenti sampai di situ, pengembang juga telah menyesuaikan hadiah staking.

"Kami meloloskan proposal tata kelola yang mengurangi inflasi FTM menjadi 6% dengan menyesuaikan hadiah staking, yang berarti akan membutuhkan beberapa tahun lagi bagi FTM untuk mencapai pasokan penuhnya. Pada tahun 2023, inflasi FTM akan menjadi 1,87%," tulis Fantom Foundation.

Lebih lanjut, mereka menguraikan prioritas untuk memonetisasi biaya transaksi atau gas fee. Ini dimaksudkan untuk memberikan pendapatan berkelanjutan kepada tim DApps.

Kemudian, Fantom Foundation berencana memberikan subsidi untuk gass fee tersebut guna memungkinkan pengguna bertransaksi tanpa harus membayar biaya transaksi sendiri. Meski begitu, transaksi di DApps bukan berarti gratis, tapi biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak lain yang bertujuan menarik lebih banyak orang ke Fantom.

Saat penulisan, Fantom (FTM) diperdagangkan di harga Rp3.404 per koin. FTM mengalami peningkatan harga sebesar 7,7 persen dalam satu pekan terakhir berdasarkan data Coingecko. Kini FTM menempati ranking 61 berdasarkan kapitalisasi pasarnya menurut Coinmarketcap.