Banyak Peminat, DEX Agregator 1Inch Memperluas Jaringan Fantom
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aggregator Decentralized Exchange (DEX) 1Inch tengah memperluas jaringan cryptocurrency Fantom (FTM). Pengumuman ini disampaikan DEX 1Inch dalam keterangan resmi yang dikutip dari CoinDesk, Senin 18 April.

Integrasi yang dilakukan perusahaan agregator ini akan memungkinkan pedagang untuk mendapatkan pengalaman terbaik di Curve, Saddle, Sushi Swap, dan tempat perdagangan crypto lainnya di ekosistem Fantom (FTM) yang murah dan kompatibel dengan kripto Ethereum (ETH).

Co founder 1Inch Network, Sergej Kunz mengatakan dalam sebuah pernyataan pers, bahwa hal ini dilakukan agar menciptakan transaksi yang lebih efisien dan likuiditas yang lebih tinggi untuk pengguna agregasi 1inch dan protokol limit order.

"Sudah aktif di Ethereum, Avalanche, Optimisme, dan rantai kripto populer lainnya, 1inch telah memproses 177 miliar dolar AS dalam volume perdagangan di 2,4 juta dompet," kata SegejKunz.

Pengembangan Fantom ini juga dipicu oleh aktivitas yang melonjak di jaringan tersebut.

"Fantom telah menerima daya tarik yang signifikan di antara pengguna dan volume yang intens," kata perwakilan 1Inci, Pavel Kruglov kepada CoinDesk melalui Telegram.

Menurut data yang ditulis DeFi Llama, total nilai terkunci (total value locked-TVL) Fantom senilai 5,9 miliar dolar AS, metrik aktivitas on-chain, menjadikannya pusat keuangan terdesentralisasi (DeFi) terbesar keenam.

1inch adalah aggregator DEX terbesar keempat, menurut data dari DeBank. 1Inci diperluas ke lapisan 2 protokol Polygon Mei lalu.

Kruglov mengatakan bahwa 1inch berencana untuk mendukung lebih banyak jaringan kripto lagi, tetapi belum mengumumkan jadwal kabar baik tersebut.

Apa Itu 1Inch?

1INCH adalah aggregator pertukaran terdesentralisasi (DEX). Aset kripto ini menawarkan kepada pengguna nilai tukar mata uang kripto yang lebih baik daripada yang bisa dilakukan oleh satu pertukaran kripto.  

Selain itu, aset ini menghemat waktu pengguna. Karena mereka tidak lagi harus memeriksa setiap pertukaran secara manual untuk harga swap terbaik.

Token ini akan digunakan untuk mengatur semua protokol Jaringan 1 inci, membawa tata kelola di ruang DeFi ke tingkat yang baru. Platform blockchain DEX ini membutuhkan banyak pengguna yang terlibat di projectnya.

Semakin banyak pengguna yang terlibat, proses tata kelola akan menjadi lebih efisien dan transparan. Semua anggota komunitas diundang untuk mengirimkan umpan balik dan proposal berharga mereka terkait dengan masalah tata kelola apapun.

Mengenal Fantom dan harganya

Sementara itu, mengutip dari data Coinmarketcap, harga Fantom hari ini (FTM to IDR) adalah Rp15,489.80 dengan market Rp39,378.08. Harga kripto FTM mengalami penurunan 6.45% dalam 24 jam terakhir

Dilansir dari republicworld.com, FTM sedang menarik perhatian para pemain kripto. Bahkan, Fantom dijuluki sebagai 'Etherium Killer' setelah Solana dan Cardano.

Fantom sendiri adalah proyek blockchain canggih yang menyediakan platform untuk membangun aplikasi terdesentralisasi yang disesuaikan dan token yang tidak dapat dipertukarkan.

Fantom Foundation selaku pengembang aset kripto yang satu ini bertujuan untuk membangun infrastruktur untuk masa depan yang lebih demokratis dan efisien sambil memecahkan tantangan yang dihadapi oleh proyek-proyek blockchain yang lebih tua seperti Bitcoin.

Fantom bertujuan untuk menemukan solusi untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan skalabilitas cryptocurrency terdesentralisasi.

Fantom saat ini menjadi incaran karena memiliki platform kontrak pintar direct acylic graph (DAG). Hal itu dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan transaksi yang bisa meningkat hingga lebih dari 300 ribu per detik.

Fantom didukung oleh kekuatan Lachesis yang dibangun di atas blockchain Ethereum, karena platform yang cepat dan efisien, proyek blockchain terkemuka seperti Chainlink, Raviton, dan Band Protocol telah berkolaborasi dengannya, menyebabkan lonjakan harga.