1inch Network Terintegrasi dengan Base Network Milik Coinbase
1inch Network terintegrasi dengan Base. (Foto; Dok. Cryptured)

Bagikan:

JAKARTA - Agregator likuiditas terkemuka di dunia DeFi, protokol 1inch, mengumumkan integrasinya dengan Base, solusi layer 2 Ethereum (ETH) yang didukung oleh Coinbase Global Inc.

Menurut pengumuman tersebut, Protokol Agregasi 1inch dan Protokol Pesanan Batas (Limit order protocol) 1inch kini dapat diakses melalui jaringan Base. Melalui integrasi dengan jaringan Base, pengguna protokol 1inch memperoleh akses dengan biaya transaksi lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi, serta likuiditas ekstra.

Tak hanya itu, Coinbase Global merupakan bursa kripto terkemuka di dunia dengan likuiditas yang berasal dari investor ritel dan institusional. Menariknya, bursa kripto ini telah mengumumkan peluncuran jaringan Base pada awal bulan ini dan jumlah pengguna aktif harian telah melebihi 100.000.

"Kami senang karena terintegrasi dengan Base," ujar Sergej Kunz, salah satu pendiri 1inch Network. "Base adalah solusi L2 yang sangat menjanjikan, ditambah lagi ini diinkubasi oleh pemain besar seperti Coinbase. Selain itu, kami sepenuhnya sejalan dengan filosofi Base yang bertujuan untuk menghadirkan miliaran pengguna baru ke dalam dunia blockchain."

Dengan integrasi jaringan 1inch dan Base, para pengguna memiliki akses langsung ke berbagai protokol, termasuk pertukaran terdesentralisasi (DEX) terkemuka di jaringan Ethereum dan Binance Chain (BSC).

1inch dan Base Network Tarik Perhatian Publik

Adopsi massal aset digital dan teknologi blockchain sangat tergantung pada infrastruktur antar jaringan yang aman dan scalable di dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Tak ketinggalan, Coinbase Global mengumumkan bahwa Base akan berfokus pada penskalaan jaringan Ethereum dengan biaya lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi. Selain itu, Coinbase menegaskan bahwa Base tidak memiliki niat untuk menerbitkan token seperti banyak jaringan L2 lain yang menggunakan koin asli mereka untuk mendanai protokol yang mendasarinya.

Sebaliknya, Coinbase akan berfokus pada penyediaan infrastruktur yang scalable bagi para pengguna jaringan Ethereum. Di sisi lain, jaringan 1inch menyediakan layanan likuiditas penting bagi pengguna mainstream secara langsung maupun tidak langsung.

Misalnya, jaringan 1inch dapat terhubung langsung dengan dompet kripto seseorang untuk dengan aman menghubungkan aset ke berbagai jaringan. Selain itu, protokol 1inch telah terintegrasi dengan sejumlah pertukaran terdesentralisasi seperti PancakeSwap, Trust Wallet, dan Uniswap untuk memungkinkan pertukaran aset secara lancar.

Menurut situs web resmi 1inch, jaringan ini memiliki lebih dari 400 sumber likuiditas dan memfasilitasi lebih dari 358 miliar dolar AS (Rp5,4 kuadriliun) dalam volume total. Selain itu, jaringan 1inch memiliki lebih dari 7,8 juta dompet yang telah dibuat dan memfasilitasi lebih dari 56 juta perdagangan secara total.