USDC Meluncur di Jaringan Layer-2 Base dan Optimism
USDC Coin. (Foto; Dok. LedgerInsight)

Bagikan:

JAKARTA - Stablecoin milik Circle, USDC, baru-baru ini diluncurkan di dua jaringan Layer-2, yaitu Base dan Optimism. Ini memungkinkan pemegang kripto untuk mengirim USDC dari akun mereka ke salah satu dari kedua jaringan tersebut.

Coinbase juga mengumumkan bahwa mereka telah menyediakan transfer USDC ke blockchain milik Coinbase, Base. Circle berkolaborasi dengan mitra ekosistem untuk menciptakan mekanisme yang memungkinkan pengguna menukar versi USDC yang sudah ketinggalan zaman dengan versi resmi yang baru.

Meskipun jaringan Base Coinbase telah diresmikan sejak 9 Agustus, awalnya pengguna tidak dapat mengirim USDC langsung dari bursa atau akun Circle mereka. Mereka harus bergantung pada versi yang dijembatani, yang disebut "USDbC," untuk transaksi dolar AS mereka. Namun, pada tanggal 5 September, versi asli USDC tersedia secara native di Base, dan antarmuka Coinbase mulai menampilkan opsi untuk mentransfer USDC ke Base.

Walaupun demikian, beberapa bursa terdesentralisasi di jaringan masih menggunakan versi koin yang lebih lama. Sejumlah platform, seperti Uniswap, BaseSwap, Aerodrome, Maverick, dan lainnya, masih menampilkan alamat kontrak lama ketika pengguna memilih stablecoin.

USDC di Jaringan Optimism

Peluncuran USDC di Optimism Network juga penting. Ini menggantikan token USDC.e yang sebelumnya digunakan di jaringan Optimism. Namun, perlu dicatat bahwa bursa terdesentralisasi (DEX) di Optimism tampaknya belum mengintegrasikan versi baru ini.

Circle menyatakan bahwa bisnis dan institusi dapat menggunakan Circle Account untuk mengakses on/off-ramp ke OP Mainnet dan Base dengan mudah. Hal ini memungkinkan penyetoran USDC dari satu rantai dan penarikan USDC dari rantai lainnya tanpa biaya dan penundaan yang terkait dengan penguncian dan penguncian koin.

Pengembang dapat memanfaatkan potensi USDC asli ini untuk membangun dengan dukungan resmi dari Circle, memastikan stabilitas jangka panjang. Pengguna juga dapat mengakses USDC langsung dari Coinbase dan menariknya ke dompet digital yang kompatibel dengan EVM, seperti Coinbase Wallet.