Marketplace NFT OpenSea Dukung Jaringan Optimism (OP)
Blockchain Optimism terintegrasi ke OpenSea. (Foto; Dok. Optimism)

Bagikan:

JAKARTA – Platform perdagangan seni digital NFT terkemuka, OpenSea, baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya akan mendukung solusi layer-2 Optimism (OP). Ini adalah blockchain keenam yang didukung oleh OpenSea. Dengan begitu, Optimism bergabung dalam daftar blockchain lain yang terintegrasi dengan platform OpenSea seperti Solana dan Polygon.

“Kami sangat senang untuk berbagi bahwa @optimismFND🔴 secara resmi ditayangkan di OpenSea! Kami tidak sabar untuk menyambut dan mendukung komunitas Optimis,” tulis keterangan dari akun Twitter resmi OpenSea @opensea, 27 September 2022.

Sebagai informasi, Optimism (OP) adalah solusi penskalaan Layer 2 untuk Ethereum. OP membantu mengurangi biaya transaksi dan waktu transaksi pada blockchain Ethereum. Secara umum, Optimism membantu memecahkan dilema skalabilitas Ethereum. Skalabilitas mengacu pada tingkat transaksi per detik (TPS) pada jaringan blockchain, sebagaimana dilansir dari laman resmi Bybit.

OpenSea Tambah Koleksi NFT dari Jaringan Optimism

Karena OpenSea terintegrasi dengan blockchain Optimism, maka platform perdagangan NFT tersebut menambahkan 100 lebih daftar koleksi NFT berbasis Optimism di marketplace. Sejumlah koleksi NFT dari jaringan Optimism itu termasuk: Apetimism, Bored Town, MotorHeads, dan OptiChads dan lainnya.

Dalam keterangan lebih lanjtu, OpenSea mencatat bahwa setiap kreator NFT dapat mengakses proyek mereka di platform OpenSea untuk menetapkan biaya pembuat khususu dalam platform OpenSea. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan pemasukan sebesar 10 persen dari setiap transaksi dalam platform.

DailyCoin melaporkan bahwa sebelum OpenSea mengumumkan bahwa mereka akan menyertakan jaringan pada platformnya, sebagian besar NFT yang dibangun di Optimisme dijual di pasar Quix NFT. Pada saat penulisan, volume perdagangan harian di Quix adalah 26.000 dolar AS dalam penjualan. Sementara itu, volume perdagangan untuk raksasa NFT OpenSea lebih dari 9,9 juta dolar AS selama waktu itu.

Sebelum terintegrasi dengan Optimism, OpenSea sudah terintegrasi dengan blockchain layer-2 lainnya seperti Polygon, Solana, Klaytn, dan Arbitrum. Ini merupakan bagian dari upaya OpenSea untuk memperluas dukungannya terhadap blockchain layer-2.