7 <i>Marketplace</i> NFT Terpopuler untuk Transaksi Seni Digital, Wajib Tahu!
Daftar marketplace NFT untuk transaksi non-fungible token. (Foto; Dok. Bitcoin PL)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, Non-Fungible Token (NFT) telah menjadi populer di kalangan masyarakat global. Di Indonesia sendiri, NFT mulai dikenal publik berkat Ghozali Everyday yang menjual foto selfie dengan ekspresi datarnya di OpenSea.

Para kreator maupun kolektor NFT dapat memperdagangkannya di sejumlah marketplace. Dalam industri seni digital ini, terdapat berbagai marketplace NFT yang sering digunakan oleh komunitas NFT. Yang paling dikenal oleh Anda mungkin OpenSea dan Rarible. Faktanya, dalam ruang ini terdapat banyak marketplace NFT.

Tidak berhenti sampai di situ, masuknya perusahaan multinasional seperti Adidas, Nike, Samsung, Porsche, Bentle, Rolls-Royce, Louis Vuitton, Tag Heuer, dan lainnya ke dunia NFT telah menarik perhatian penikmat dan kolektor karya seni digital.

Daftar Marketplace NFT Terpopuler

Berikut ini 7 marketplace NFT terpopuler untuk transaksi seni digital:

1. OpenSea

OpenSea sejauh ini merupakan pasar NFT terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mencetak, membeli, dan menjual berbagai macam NFT, termasuk barang koleksi, seni digital, dunia virtual, kartu perdagangan, dan banyak lagi.

Platform ini dibangun di atas jaringan Ethereum, tetapi telah terintegrasi ke jaringan layer-1 lainnya termasuk Polygon untuk mengurangi biaya transaksi. Dengan OpenSea, pengguna dapat mengakses lebih dari 700 proyek NFT dengan lebih dari 80 juta NFT tersedia untuk diperdagangkan.

Marketplace NFT ini memungkinkan pengguna untuk mencetak dan mengatur profil penjual mereka menggunakan infrastrukturnya secara gratis. Namun, OpenSea membebankan biaya 2,5 persen untuk setiap penjualan yang dilakukan dalam platform.

Saat ini OpenSea memiliki lebih dari 600.000 pengguna, dan pada tahun 2022, OpenSea mencatat total penjualan 4,1 miliar dolar AS, menurut data dari Dune Analytics. Pada saat penulisan, NFT paling populer berdasarkan volume perdagangan di OpenSea adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC), CryptoPunks, dan Doodles.

2. SuperRare

SuperRare adalah pasar NFT berbasis Ethereum yang bekerja dengan beberapa seniman NFT terpilih dan terkemuka. Ini adalah pelopor seni digital eksklusif dengan tujuan melestarikan budaya koleksi seni digital.

Pasar memiliki proses pemeriksaan dan persetujuan yang ketat sebelum karya seni digital terdaftar untuk dijual. SuperRare berupaya merangsang kreativitas di antara beberapa kreator yang sudah mapan di platformnya untuk memastikan bahwa kolektor seni digital mendapatkan hasil maksimal dari koleksi mereka.

Meskipun SuperRare tidak seramai OpenSea, pasar ini memiliki karya seni digital yang sangat eksklusif. Platform ini membebankan biaya 15 persen kepada seniman atas penjualan utama mereka.

3. Rarible

Rarible adalah marketplace NFT terdesentralisasi milik komunitas yang menawarkan pengguna akses ke berbagai macam NFT untuk dibeli dan dijual. Platform ini memiliki interface yang ramah pengguna. Seperti kebanyakan marketplace NFT lainnya, platform ini juga memungkinkan pengguna untuk mencetak dan memperdagangkan NFT.

Rarible mendukung tiga jaringan blockchain yang berbeda: Ethereum, Flow, dan Tezos. Dukungan multi-chain ini memastikan bahwa pengguna membuat, membeli, dan menjual NFT dari salah satu dari tiga jaringan blockchain tersebut di Rarible.

Sama seperti OpenSea, Rarible mengenakan biaya transaksi 2,5 persen. Namun, ia meningkatkan desentralisasinya dengan memperkenalkan sistem tata kelola yang memberikan kekuatan voting kepada anggota komunitas melalui token in-house-nya, RARI. Marketplace ini telah memproses transaksi NFT senilai lebih dari 270 juta dolar AS, dengan total basis pengguna lebih dari 1,6 juta.

4. Nifty Gateway

Nifty Gateway sering disebut sebagai pasar NFT untuk para elit. Dikelola oleh Gemini, pertukaran mata uang kripto yang dijalankan oleh si kembar Winklevoss, platform berbasis Ethereum memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan mencetak seni kripto eksklusif.

Pasar populer untuk menjual karya seni dari beberapa seniman paling populer di dunia, termasuk Grimes dan Beeple. Dalam salah satu penjualan NFT termahal, NFT Crossroads Beeple dijual seharga 6,6 juta dolar AS tahun lalu di pasar ini.

Nifty Gateway memiliki kebijakan yang kuat tentang kreativitas dan keaslian, yang mendorongnya untuk menerapkan beberapa proses verifikasi terberat pada artis. Hanya pencipta terverifikasi yang diizinkan untuk mencetak dan mendaftarkan NFT di pasar, mengurangi kemungkinan penipuan. Platform ini mengenakan komisi 15% untuk penjualan NFT.

5. Magic Eden

Melansir Coin24h, Magic Eden adalah pasar NFT terkemuka yang dibangun di atas jaringan Solana dengan lebih dari 90 persen pangsa pasar. Magic Eden Memungkinkan pengguna untuk mencetak dan memperdagangkan NFT dengan mudah dengan biaya transaksi yang rendah, likuiditas tinggi, dan pengalaman pengguna yang intuitif, Magic Eden telah menjadi tujuan untuk menemukan, memperdagangkan, dan membuat NFT untuk semua orang.

Saat ini Magic Eden dipimpin oleh Jack Lu. Jack menamai platform tersebut Magic Eden yang mewakili rasa kemungkinan tanpa batas. Menurut laman resminya, NFT adalah masa depan seni dan budaya. “Kami menganggap diri kami sebagai penjaga ruang NFT. Kami telah membangun pasar sekunder paling likuid dan kami adalah pasar pertama yang menerapkan penawaran, indeks kelangkaan, dan platform pencetakan khusus yang secara otomatis terhubung ke pasar sekunder kami. Kami baru saja memulai,” tulis keterangan tersebut.

6. Marketplace NFT Binance

Dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC), pasar Binance NFT adalah platform NFT yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual semua bentuk karya seni digital dan barang koleksi.

Platform, yang diluncurkan oleh Binance pertukaran kripto terkemuka yang bertujuan untuk menghubungkan seniman, pencipta, penggemar crypto, dan kolektor yang rajin untuk membuat dan memperdagangkan NFT.

Binance NFT Marketplace saat ini memiliki lebih dari 2,5 juta NFT yang tersedia di platformnya untuk diperdagangkan. Menariknya, marketplace memiliki biaya transaksi terendah di industri, dengan 1 persen dibebankan pada semua penjualan NFT, yang merupakan salah satu keuntungan dimiliki oleh penukar kripto terbesar di dunia.

Selain itu, pasar menawarkan beberapa NFT premium dan eksklusif yang dibuat oleh artis terkemuka dan merek berpengaruh, dengan penawaran kotak misteri yang menampilkan NFT langka.

7. Stashh

Jika Anda menyukai privasi, maka Anda akan menyukai pasar NFT ini. Stashh membanggakan dirinya sebagai pasar pertama untuk NFT Rahasia. Ini berarti Anda dapat mencetak, membeli, dan menjual NFT yang bersifat pribadi secara default di platform.

Stashh memungkinkan pembuat NFT untuk memonetisasi konten mereka dan melindungi IP mereka sambil memberikan kolektor dan konsumen kontrol tanpa kepercayaan atas cara mereka membeli, menjual, menggunakan, dan menampilkan koleksi digital mereka.

Ini dimungkinkan karena Stashh didukung oleh Secret Network, jaringan blockchain layer1 yang berfokus pada privasi yang dibangun dengan Cosmos SDK. Platform ini mendukung berbagai kategori Secret NFT mulai dari game hingga seni hingga olahraga dan NSFW.

Pada saat penulisan, beberapa koleksi paling populer berdasarkan volume perdagangan di platform adalah Annons, MetaRats, dan Redacted Club. Stashh membebankan biaya 2,75 persen dari harga jual, yang secara otomatis dipotong setelah penjualan selesai.

Demikian 7 marketplace NFT terkemuka yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi NFT!