5 Seniman NFT Paling Populer dalam Dua Tahun Terakhir
Daftar seniman NFT terkenal. (Foto; Dok. Ipr Daily)

Bagikan:

JAKARTA – Seni digital Non-fungible Token (NFT) yang menjadi terkenal pada tahun 2020 telah menjadi trend global di tahun-tahun berikutnya. Para seniman NFT berhasil menciptakan karya seni digital yang eksklusif dan tidak dapat diubah dengan menggunakan teknologi blockchain.

Oleh karena itu, kehadiran seniman NFT terus menjadi perhatian bagi para penggemar seni dan kolektor di seluruh dunia. Dalam rangka itu, berikut adalah lima seniman NFT yang terpopuler untuk diikuti pada tahun 2023.

Berikut adalah 5 artis NFT terpopuler pada tahun 2023 yang harus diikuti, yang diidentifikasi berdasarkan karakteristik umum seniman NFT yang baik dan pendekatan unik mereka terhadap kreasi seni mereka:

1. Beeple

Beeple yang bernama asli Mike Winkleman, seniman digital asal Charleston, Carolina Selatan, terkenal karena menciptakan lebih dari 32 karya seni NFT selama tahun kerjanya, serta karyanya yang paling terkenal, Everydays: The First 5000 Days, yang terjual seharga 70 juta dolar AS (sekitar Rp1 triliun berdasarkan nilai tukar hari ini) dalam lelang di Christie's pada Maret 2021. Karya seni NFT Beeple menampilkan notasi politik yang jahat, membuat NFT-nya menjadi langka dan menonjol.

2. Pak

Pak, pencipta seni digital anonim yang dikenal karena The Merge, NFT termahal yang pernah dijual di dunia digital, dan juga telah meluncurkan Sotheby's Metaverse, sebuah platform seni digital yang berfungsi untuk menjual dan mengkurasi NFT. Pak juga dikenal karena Arcillet, sebuah bot kurasi seni yang canggih, yang menggunakan algoritma AI untuk mengidentifikasi karya seni yang menarik di media sosial.

3. GaryVee

GaryVee atau Gary Vaynerchuk, seorang investor malaikat di banyak perusahaan teknologi populer seperti Uber dan Snapchat, memiliki koleksi NFT VeeFriends-nya yang dirancang untuk menekankan kreativitas dan komunikasi di dunia digital. Ia juga fokus pada menciptakan dan menjadi anggota komunitas melalui hak akses ke komunitas VeeFriends dan VeeCon. Sebagai seniman NFT yang menghasilkan karya seni terbaik, Gary terkenal dengan kontrak pintar di NFT-nya yang memungkinkan pemilik NFT mengakses dunia Gary dan menghabiskan waktu dengan pengusaha terkenal di kantornya.

4. TrevorJonesArt

Trevorjonesart, seniman asal Scotland, dikenal dengan karya seni NFT-nya berupa tokoh-tokoh dunia nyata dan karakter fiksi yang dianggap sangat unik dan menarik. Trevor juga dikenal sebagai salah satu seniman NFT paling terkenal di dunia dan telah menjadi bagian dari beberapa proyek besar seperti Bored Ape Yacht Club.

5. Fewocious

Fewocious, seniman digital asal Los Angeles, terkenal dengan gaya lukisannya yang unik dan menghasilkan karya seni NFT yang menampilkan tokoh-tokoh dalam bentuk anjing yang populer di kalangan kolektor NFT. Karyanya dihargai karena kemampuannya untuk mempertahankan konsistensi dalam karya seninya, dan sering kali terjual dengan harga yang sangat tinggi di pasar NFT.

Secara keseluruhan, perkembangan seni digital dan teknologi blockchain telah membawa perubahan besar bagi industri seni dan pasar seni. Salah satu contohnya adalah popularitas seniman NFT yang terus meningkat. Dari lima seniman NFT terpopuler yang telah kita bahas, dapat dilihat bahwa seniman NFT telah menciptakan karya yang unik dan menarik perhatian para kolektor.

Meskipun masih ada beberapa masalah yang perlu diatasi, seperti masalah lingkungan terkait energi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan dan transaksi NFT, namun fenomena seniman NFT masih merupakan perkembangan yang menarik dan patut diperhatikan dalam dunia seni dan teknologi.