Seniman NFT Beeple Gabung Metaplex dan Solana
Seniman NFT, Mike Winkelmann alias Beeple. (Foto; Dok. Cryptonetwork)

Bagikan:

JAKARTA – Seniman dan kreator NFT populer, Michael Joseph Winkelmann atau lebih dikenal dengan nama Beeple, dilaporkan akan bergabung dengan jaringan Solana dan Metaplex. Dengan masuknya Beeple diharapkan dapat menarik lebih banyak kolektor dan kreator NFT.

Sosok yang merupakan seorang desainer grafis asal AS itu terkenal dengan karya NFT-nya, yaitu Everydays: the First 5000 Days yang terjual seharga 69,3 juta dolar AS (sekitar Rp1 triliun). Kabar bergabungnya Beepple telah membuat harga token asli Metaplex, MPLX, naik 2,3 persen dalam 24 jam terakhir.

“Dalam kemitraan dengan Render Network, kami sangat senang menyambut Beeple ke Metaplex dan Solana,” kata Hess. Dia menambahkan bahwa Beeple akan "memulai debutnya masa depan streaming dan NFT 3D yang imersif."

Namun, pengumuman resmi akan dirilis selama seminggu, karena detail mengenai Bepple yang bergabung dengan Metaplex belum diungkapkan secara lebih detail. Ekosistem Solana berjuang untuk tetap berada di antara sepuluh blockchain teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, saat ini berada di peringkat 10 dengan penilaian sekitar 11.603.441.959 dolar AS.

Jaringan Solana telah sangat mengunggulkan NFT, GameFi, dan Metaverse di pasar keuangan terdesentralisasi. Sementara jaringan Metaplex adalah protokol NFT paling luas di blockchain Solana, menurut data onchain. Sejak diluncurkan pada Agustus 2021, Metaplex telah membantu pengguna mencetak lebih dari 20 juta NFT dengan lebih dari 5.9 juta kolektor unik. Dengan demikian terhitung hampir 99.9 persen dari pasar Solana NFT.

Jaringan Metaplex terus membangun eko sistemnya untuk membantu Solana mendapatkan lebih banyak pengguna. Dalam kemajuan terbaru, Metaplex telah mengumumkan peluncuran fitur kompresi NFT untuk membantu mengurangi biaya operasional.

“Metaplex mengantarkan generasi NFT berikutnya di Solana dengan memanfaatkan kompresi on-chain untuk menurunkan biaya pencetakan dan penyimpanan aset digital secara dramatis,” menurut pengumuman Metaplex.

Setelah membawa Beeple, artis NFT yang populer, bergabung, jaringan Metaplex mengantisipasi untuk menarik lebih banyak kolektor seni digital. Selain itu, Beeple memiliki sejarah membuat konten yang mencengangkan, termasuk karya seni senilai 69 juta dolar AS yang dia jual awal tahun lalu.

Ekosistem Solana telah mencatat kenaikan dalam nilai total yang terkunci dalam setahun terakhir. Menurut data statistik dari Defillama, jaringan Solana memiliki total nilai terkunci (TVL) sekitar 915 juta dolar AS.

Solend, protokol peminjaman kripto, adalah DeFi terkemuka di Solana dengan TVL terkunci tertinggi sekitar 281 juta dolar. Protokol penting lainnya termasuk Marinade Finance, Lido, dan Raydium.

Berdasarkan keterangan data pasar dari Coingecko, saat penulisan SOL diperdagangkan di harga Rp422.946. Harga token SOL mengalami penurunan sebesar 17 persen dalam 24 jam terakhir.