Maestro Seni Digital Beeple Kembali Luncurkan Karya NFT Terbaru Berjudul “Long Road”
Kreator NFT terkenal Beeple sedang berpose di depan salah satu karyanya. (Foto; Dok. Artnet)

Bagikan:

JAKARTA – Mike Winklemann atau lebih dikenal sebagai Beeple, seniman digital terkenal, kembali membuat heboh dunia NFT dengan karyanya yang terbaru, Long Road. Karya seni digital tersebut dipertontonkan dalam acara Live Everyday Performance yang diadakan di Beeple Studios pada 11 Maret 2023.

Long Road menjadi perhatian khusus karena terdapat #51 Artifact dengan format PNG berwarna hitam yang misterius berjudul "???" di dalamnya. Beeple Studios menyediakan 50 Everyday Artifacts yang dihasilkan oleh Beeple, serta lebih dari 900 printout dengan titik merah yang dapat ditukarkan dengan NFT di masa depan.

Beeple sendiri adalah seorang seniman digital dan desainer grafis asal Amerika Serikat. Ia dikenal luas di komunitas crypto dan NFT karena berhasil menjual NFT seni digital seharga 69 juta dolar AS (setara Rp1 triliun) dalam lelang Christie's pada Maret 2021.

"Everydays" adalah proyek di mana Beeple membuat dan membagikan karya seni digital setiap hari. Ia memulai proyek ini pada 1 Mei 2007, dan terus berlanjut hingga sekarang. Setiap karya seni dibuat menggunakan alat digital seperti perangkat lunak pemodelan 3D, grafik gerak, dan gambar digital dengan tema surreal, sci-fi, dan dystopian.

Puzzle enthusiasts di seluruh dunia berusaha memecahkan misteri di balik #51 Artifact dalam karya seni digital Long Road. Beeple dan Christie's mengadakan pembukaan resmi Beeple Studios di Charleston, Carolina Selatan pada 11 Maret 2023. Di acara tersebut, Beeple mempertontonkan live 'Everyday Performance' dan membuat 50 Everyday Artifacts.

Para tamu undangan yang hadir juga mendapatkan kejutan karena setiap karya yang berhasil telah diselesaikan dicetak melalui printer yang tersembunyi di langit-langit galeri, sebagaimana dilaporkan NFT Evening.

Beeple memasukkan Long Road NFT ke dalam koleksi "Everydays"-nya. Ia meng-update metadata untuk semua NFT dalam koleksi Everyday Artifacts, termasuk dalamnya adalah #51 Artifact yang membingungkan tersebut.

Sampai saat ini, belum ada yang berhasil mengklaim Long Road NFT dan misteri di balik #51 Artifact tetap menjadi perbincangan hangat di komunitas NFT. Dengan karya seni digital terbaru Beeple ini, semakin membuat dunia NFT tak henti-hentinya tercengang dan mengaguminya.