Ajaib! Ghozali Everyday Cuan Miliaran dari Jualan NFT Foto Selfie di Opensea
NFT Ghozali Everyday laris manis di OpenSea. (Tangkapan Layar akun Ghozali di OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – Nama Ghozali Everyday mendadak viral di jagat Twitter baru-baru ini. Pasalnya Ghozali sukses menjual NFT foto selfie-nya di marketplace OpenSea. Pemuda asal Semarang itu menggunakan nama akun Ghozali Everyday di platform jual beli NFT populer tersebut.

Nama Ghozali Everyday tampaknya terinspirasi dari NFT karya Beeple yang berjudul “Everydays – The First 5000 Days”. Melalui keterangan akunnya di OpenSea, Ghozali menuliskan bahwa dirinya “mengambil foto selfie sejak berusia 18 hingga 22 tahun” dalam kurun 2017-2021.

Dilansir dari TheBlockCrypto, Ghozali Everyday bahkan menembus 40 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan aktivitas 72.000 persen menurut data dari pasar NFT.

Harga foto selfie Ghozali pun bervariasi. Foto selfie Ghozali_Ghozalu #95 sendiri terjual 0,33 Ethereum (sekitar Rp15.755.365). Hingga saat ini penjualan NFT Ghozali_Ghozalu masih berlangsung. Volume perdagangan foto selfie Ghozali mencapai 284 Ethereum (setara Rp13,5 miliar) saat berita ini ditulis. Ghozali menjual foto selfie NFT-nya sebanyak 933 item. Foto-foto tersebut diambil selama lima tahun belakangan ketika Ghozali duduk di depan komputer setiap hari.

“Ini benar-benar foto saya di depan komputer hari demi hari,” tulis Ghozali di keterangan akun OpenSea.

Penjualan NFT Ghozali Everyday di OpenSea kian ramai. (Tangkapan layar OpenSea)
Ghozali Everyday berhasil menjual NFT foto selfie-nya di Opensea.

 

Popularitas koleksi NFT Ghozali kian meroket di komunitas NFT global. Pada Rabu 12 Januari 2022 kemarin, Ghozali mengumumkan koleksinya tersisa 331 item dari total 933 item. Oleh karena itu, lelaki berusia 22 tahun tersebut berpesan supaya foto-foto selfie-nya tidak disalahgunakan.

“Kalian dapat melakukan apa saja seperti membalik atau apa pun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya atau orang tua saya akan sangat kecewa kepada saya. Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya,” kata Ghozali.

Sebagai informasi, NFT merupakan kepanjangan dari non-fungible token yang berarti token yang tidak dapat digantikan. Singkatnya NFT adalah koleksi seni digital bisa berupa gambar, foto, lukisan, lagu, nama, maupun musik. Masing-masing item NFT tercatat dalam blockchain, setiap transaksinya bisa dilihat oleh semua orang.

NFT dinilai berdasarkan kelangkaan dan autentisitasnya. Semakin langka karya NFT maka semakin tinggi pula harganya. Sejumlah NFT yang paling terkenal adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang berupa koleksi gambar kera, CryptoPunks, Meebits, Loot, dan sebagainya.

Selain itu, sejumlah tokoh terkenal seperti Eminem dan Snoop Dogg dikabarkan memiliki koleksi NFT. Sejumlah tokoh populer lain meluncurkan NFT sendiri seperti yang dilakukan oleh Lionel Messi, Paris Hilton, dan di Indonesia ada Syahrini yang beberapa waktu lalu sukses merilis NFT. Para pemilik dapat menjual NFT di marketplcae OpenSea, Rarible, Solsea dan sebagainya.